Pencairan Dana Pilwu Terhambat, DPMD Baru Terima 10 Desa yang Berkasnya Lengkap

INDRAMAYU - Dari 138 desa yang menyelenggarakan pemilihan kuwu (pilwu) di tahun 2017, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu belum menerima separuhnya berkas permohonan pengajuan untuk pencairan anggarannya. 
pemkab indramayu anggarkan belasan miliar rupiah untuk pilwu
DPMD Indramayu sosialisasi Pilwu. dok. Rakyat Cirebon
Hingga Senin (30/10), tercatat baru ada 27 desa yang sudah mengajukan, namun hanya 10 desa saja yang berkasnya dinyatakan lengkap.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada DPMD Kabupaten Indramayu, Ahmad Sulaeman SE MM saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan, pihaknya sangat berharap seluruh desa yang menyelenggarakan pilwu untuk segera mengajukan permohonan untuk pencairan anggarannya. 

Apalagi petunjuk teknis mekanisme pencairan dana pilwu dari APBD murni sudah disampaikan sejak lama kepada kuwu beserta juru tulis, BPD, serta camat.

"Desa yang sudah mengajukan permohonan pengajuan pencairan dana pilwu semuanya ada 27 desa. Setelah diteliti ada 10 desa yang fix dan sudah dibuatkan nota dinas ke BKD. Sedangkan yang 17 desa ada yang masih salah berkasnya, dan ada juga yang berkasnya kurang," jelasnya.

Disampaikannya, untuk membiayai penyelenggaraan pilwu serentak di 138 desa pada Desember 2017 nanti, Pemerintah Kabupaten Indramayu menganggarkan sebesar Rp12,6 miliar. Terdiri dari Rp6 miliar melalui APBD murni, dan Rp6,6 miliar dari APBD Perubahan tahun 2017. "Kami juga bingung, padahal panitia sudah harus membiayai tahapan-tahapan yang sudah dan sedang berjalan," ungkapnya.

Sementara itu, untuk pencairan melalui APBD murni ambang batas maksimal waktu pengajuannya harus dilakukan sebelum 5 Nopember 2017. Dan untuk pengajuan pencairan yang bersumber dari APBD perubahan dapat dilakukan setelah 5 Nopember 2017. "Harusnya segera mengajukan, jangan sampai menjadi kendala dalam penyelenggaraannya," ujar dia.

Terpisah, Kepala Bidang Perbendaharaan pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, H Yus Rusmadi SE membenarkan belum dicairkannya dana pilwu tersebut. Adapun dananya sudah disiapkan sesuai rencana alokasi yang dibutuhkan. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Pencairan Dana Pilwu Terhambat, DPMD Baru Terima 10 Desa yang Berkasnya Lengkap"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus