Omzet Menurun, Agen Travel Salahkan Tol Cipali

CIREBON – Hadirnya Tol Cipali yang membentang dari Cikopo  Purwakarta hingga Palimanan Cirebon mampu mendongkrak perekonomian daerah yang terlintasi. Seperti di Cirebon, Tol Cipali dianggap berjasa dalam  peningkatan ekonomi dan pembangunan.
travel tidak menikmati kunjungan wisatawan ke cirebon
Budi Ariesetiya. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Imbasnya, pengusaha dan investor berbondong – bondong datang ke Cirebon untuk mencari peruntungan. Hal itu nampak dari mulai bermunculannya hotel dan restoran baru. Dengan keyakinan, Cirebon bakal jadi kota metropolitas baru. Sehingga menjadi market strategis bagi  pengembangan bisnis.

Tak dipungkiri, sejak dibukannya Tol Cipali, tingkat kunjungan wisatawan ke Cirebon meningkat tajam. Setiap akhir pekan, hotel,  restoran dan tempat wisata selalu ramai pengunjung bahkan meningkat 2 sampai 4 kali lipat.

Sayangnya, tak semua bidang usaha memetik hasil manis dari dibukannya Tol Cipali. Salah satunya travel agent. Diakui Owner Obelix Tour and Travel, Budi Ariesetiya, hadirnya Tol Cipali justru mengancam pengusaha agent travel.

Pasalnya, kata dia, akses mudah dan cepat menempuh perjalanan jarak jauh dari Jakarta ke Jawa via Tol Cipali membuat wisatawan  lebih memilih jalan – jalan sendiri tanpa  menggunakan jasa travel agent. Hal inilah yang membuat omset pengusaha travel agent kian menurun.

“Sejak dibukannya Tol Cipali terus terang omset  travel agent itu menurun. Karena orang bisa langsung dirrect datang ke Cirebon,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Budi menjelaskan,  selain menjadi berkah, Tol Cipali juga menjadi tantangan bagi pengusaha agen perjalanan. Jika tidak pandai – pandai melakukan inovasi, bukan tidak mungkin travel agent bakal gulung tikar. Lebih lagi di tengah persaingan menjamurkan travel agent baru.

“Dulu ada  konsumen kami yang biasanya menggunakan jasa travel, sekarang malah jalan sendiri. Karena sudah ada Tol Cipali jadi perjalanan juga lebih  cepat,” tutupnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Omzet Menurun, Agen Travel Salahkan Tol Cipali "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...