Industri Pulogadung Bakal Pindah ke WTC

SUMBER – Kawasan Industri Pulogadung yang berlokasi di Jakarta akan berpindah tempat ke Kabupaten Cirebon mulai 2021 mendatang. Pemindahan lokasi dilakukan karena manajamen Kawasan Industri Pulogadung sudah selesai bekerjasama dengan DKI Jakarta pada tahun tersebut. 
manajemen kawasan industri pulogadung lirik cirebon
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. dok. Rakyat Cirebon
Bupati Cirebon DR H Sunjaya Purwadisastra Drs MM Msi mengatakan, terdapat lahan sekitar 700 hektare di Wilayah Timur Cirebon (WTC) yang bisa digunakan untuk Kawasan Industri Pulogadung tersebut. Pihaknya pun sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah DKI Jakarta serta manajemen Kawasan Industri Pulogadung.

“Tahun depan kemungkinan besar sudah ada pembangunan, karena memang sudah ada lahan 700 hektare yang bisa dibebaskan di Wilayah Timur Cirebon (WTC),” kata Sunjaya.

Sunjaya juga mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, juga dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Pemprov DKI.

“Lalu oleh mereka saya dipertemukan dengan pihak manajemen industri untuk membicarakan soal kemungkinan kawasan industri ini pindah ke Kabupaten Cirebon. Nah kebetulan kan di Kabupaten Cirebon akan dibangun kawasan industri dan penambahan zona industri dari 8 ribu hektare menjadi 10 ribu hektare, sehingga nanti pembangunan Kawasan Industri Pulogadung tersebut bisa terealisasi,” tuturnya.

Menurutnya, jika pembangunan bisa dilakukan pada tahun depan,  maka diperkirakan pembangunan tersebut akan selesai dalam jangka waktu dua tahun. Lokasi diperkirakan berada di sekitar Kecamatan Astanajapura, Pangenan atau Gebang.

“Dibangun tahun depan, kemudian selesai pada 2020, baru 2021 seluruh Kawasan Industri Pulogadung ini bisa resmi pindah, itu rencananya. Saat ini kita tunggu dulu revisi Peraturan Daerah Ruang Tata Ruang Wilayah disahkan, di dalam revisi tersebut sudah disebutkan kalau penambahan zona industri jelas akan ditambah sebanyak 2 ribu hektare dari 8 ribu menjadi 10 ribu hektar,” ujar Sunjaya.

Sunjaya juga menjelaskan, dengan terealisasinya Kawasan Industri Pulogadung ditempatkan di Kabupaten Cirebon, maka akan semakin banyak perusahaan yang bisa menyerap tenaga kerja lokal.

“Target utamanya kan masyarakat Cirebon sejahtera, kita harapkan dengan adanya perusahaan-perusahaan semacam itu berdatangan ke Cirebon maka penyerapan tenaga kerja lokal juga bisa maksimal, dan ini akan memecahkan persoalan pengangguran,” kata Sunjaya. (yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Industri Pulogadung Bakal Pindah ke WTC"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus