Heru Diserang Kader Sendiri, Tommy: Semua Kandidat Tidak Ada yang Enteng

CIREBON – Pernyataan Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Heru Cahyono MESy yang menganggap enteng petahana Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH untuk tarung di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2018, justru menuai “serangan balik” dari kadernya sendiri.
kader gerindra kota cirebon kritik heru cahyono
Anggota Fraksi Gerindra, Tommy Sofianna SH (kanan). Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Anggota Fraksi Gerindra, Tommy Sofiana SH mengecam keras pernyataan Heru tersebut. Menurutnya, tak pantas bila Heru bersikap jumawa dengan menganggap enteng kandidat bakal calon walikota/wakil walikota, terlebih petahana yang memiliki nilai lebih dibanding kandidat lain.
“Tidak boleh bersikap seperti itu, menganggap calon lawan di pilwalkot itu enteng. Siapapun punya kekuatan sama, apalagi petahana. Sangat disayangkan Heru bicara seperti itu,” ungkap Tommy, ditemui di sela-sela kunjungan kerja (kunker) di Surabaya, Senin (30/10) kemarin.
Tommy balik menyindir Heru soal kegagalannya di Pilwalkot 2013 lalu. Ia menilai, kalau Heru memiliki power secara politik, seharusnya dia bisa menang di kontestasi politik daerah edisi 2013. “Kalau dia menganggap enteng petahana, kenapa dia sendiri tidak menang di 2013?” katanya.
Tak hanya itu, Tommy juga menyinggung soal tingkat popularitas dan elektabilitas Heru sebagai kandidat bakal calon walikota/wakil walikota. Dikatakan Tommy, tingkat popularitas Heru tak lebih dari 2 persen. “Tingkat popularitasnya hanya satu koma sekian. Elektabilitasnya paling kurang dari 1 persen,” ujarnya.
Wakil rakyat dari dapil III Kejaksan-Lemahwungkuk itu menyebutkan, sebagai elit parpol di tingkat DPC, Heru mestinya bisa menunjukkan etika yang baik dalam pergaulan berpolitik. “Secara etika dalam pergaulan politik, tidak ada rasa menganggap lawan politik itu enteng,” kata dia.
Lagipula, Tommy menegaskan, anggapan remeh kepada petahana hanya penilaian Heru, bukan sikap DPC. Untuk itu, Tommy mengingatkan kepada Heru untuk tidak memaksakan pemikirannya bisa dijadikan perspektif kepartaian secara organisasi.

“Persepsi diri jangan dijadikan tolak ukur organisasi. Karena di dalam organisasi itu banyak orang yang juga punya pemikiran. Partai jangan diombang-ambing oleh keinginan orang tertentu” tuturnya.

Maka dari itu, Tommy meminta kepada Ketua DPC Partai Gerindra, Eman Sulaiman untuk memanggil Heru guna memberi nasihat agar tidak seenaknya dalam bersikap secara politis. “Saya meminta agar dipanggil oleh ketua untuk diberi wejangan politik,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Politik Keamanan Daerah dan Pertahanan DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, Ir Raymond Pattinasarani enggan menanggapi panjang lebar soal pernyataan Heru. “Biarkan saja dia begitu,” kata Raymond.

Sebelumnnya, hampir pasti akan berhadapan di pilwalkot, Partai Gerindra mulai menebar psywar kepada petahana. Sekretaris DPC Partai Gerindra, H Heru Cahyono MESy menyebut, meskipun Azis akan menjadi satu-satunya calon berstatus petahana, tapi bagi pihaknya bukanlah lawan berat.

Heru menganggap, lawan berat bagi calon yang akan diusung Partai Gerindra adalah kandidat bakal calon walikota dari PDI Perjuangan, H Bamunas S Boediman alias Oki. “Oki lawan berat, bukan Azis,” ungkap Heru saat ditemui di halaman kantor KPU Kota Cirebon, Minggu (29/10).
Heru menjelaskan, penilaiannya itu didasarkan pada fakta bahwa dirinya, Azis, dan Oki adalah kontestan Pilwalkot 2013. Menurut Heru, meskipun menang saat itu, tapi Azis tak memiliki lumbung suara signifikan, karena mayoritas pemilihnya lebih mempertimbangkan Drs Ano Sutrisno MM (alm).
“Kalau suara Ano-Azis itu besarnya dari Ano (alm). Justru suara Oki masih bisa utuh. Saya juga lumayan signifikan. Jadi menurut saya, nanti akan ada tiga poros pasangan calon dan kekuatannya akan merata, tidak ada yang menonjol walau ada petahana,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Heru Diserang Kader Sendiri, Tommy: Semua Kandidat Tidak Ada yang Enteng"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus