Hanya 22 Kuwu Mampu Pertahankan Kursinya

HASIL Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak  di 101 desa se Kabupaten Cirebon memang penuh dengan kejutan. Pasalnya dari 69 calon incumbent yang ikut dalam peserta demokrasi tersebut cuma 22 yang berhasil terpilih kembali untuk memimpin desa 6 tahun kedepan.
pemilihan kuwu di cirebon penuh kejutan
Perhitungan suara di Desa Cikulak. dok. Rakyat Cirebon
Calon incumbent yang berhasil terpilih kembali diantaranya Desa Sindangjawa, Desa Dukupuntang, Desa Pamijahan, Desa Purbawinangun, Desa Waru Gede, Desa Jagapura Lor, Desa Lebak Mekar, Desa Gua  Kidul, Desa Kaliwedi Kidul, Desa Kedungdawa, Desa Kepunduan, Desa Babakan Gebang, dan Desa Kedungsana.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Nanan Abdul Manan menilai, hasil pilwu serentak di 40 kecamatan tersebut adalah hasil yang diinginkan masyarakat di setiap desa. Terkait banyaknya calon petahana yang kalah dalam pemilihan itu merupakan hal wajar, karena menurutnya, masyarakat sendiri yang menentukan siapa yang menjadi pemimpinnya.

“Memang tahun ini ada 69 calon kuwu petahana dari 101 desa yang menggelar pilwu dan hanya 22 yang kembali terpilih, itulah demokrasi apapun bisa terjadi, yang jelas hasil ini adalah pilihan masyarakat di setiap desa," kata Nanan kepada Rakyat Cirebon, Minggu (29/10).

Dikatakan Nanan, yang terpenting dalam pilwu serentak tahun ini bagi pihaknya adalah kesuksesan jalannya pilwu. Meskipun ada beberapa kendala yang terjadi di beberapa desa masih diselesaikan oleh pihak panitia. "Yang terpenting proses pilwu ini bisa berjalan lancar dan aman, untuk hasil itu adalah hak masyarakat untuk memilih," ujarnya.

Nanan juga berharap kuwu terpilih tahun ini, bisa mengemban amanahnya dengan baik sehingga bisa membawa perubahan untuk Kabupaten Cirebon lebih baik lewat pembangunan di setiap desanya.

Ada juga beberapa petahana yang berhasil terpilih kembali dalam pilwu tahun ini, seperti calon kuwu dari Desa Pegagan Lor yaitu Hj Ii Fariyani yang berhasil mendapatkan kembali kepercayaan masayarakat untuk memimpin kembali 6 tahun kedepan.

Dalam pilwu serentak tahu ini ada 329 calon kuwu yang ikut partisipasi. Namun hanya 101 kuwu yang terpilih.

Sementara itu, Kasi Pemdes Iis Iskandar juga membebarkan bahwa banyak calon petahana yang tidak terpilih kembali pada pemilihan kuwu tahun ini, namun beliau enggan untuk mengungkapkan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

"Ya memang banyak yang tidak terpilih kembali,  saya tidak berani sepekulasi penyebabnya, yang jelas hasil pilwu ini adalah hasil yang ditentukan masyarakat," kata Iis singkat. (dym)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Hanya 22 Kuwu Mampu Pertahankan Kursinya"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...