Gedung Setda Dipastikan Tak Selesai, Kontruksi Bangunan Baru Tiga Lantai

CIREBON – Lama tak terdengar kabarnya, progres pembangunan gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon setinggi 8 lantai tak menunjukan perubahan signifikan. Kurang dari tiga bulan kontrak tersisa, megaproyek senilai Rp86 miliar itu baru sampai kerangka konstruksi lantai 3.
gedung setda kota cirebon baru sampai kerangka konstruksi
Gedung Setda Kota Cirebon baru sampai kerangka konstruksi. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Atas kondisi tersebut, Pemerintah Kota Cirebon pesimistis bahkan berani memvonis bahwa proyek yang digarap PT Rivomas Pentasurya itu akan selesai pada akhir tahun ini. “Kita lihat secara kasat mata, tidak akan terkejar selesai di akhir tahun ini,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda), Drs H Asep Dedi MSi, kemarin, di balaikota.

Ia menambahkan, pihaknya akan melihat hasil akhir pengerjaan proyek tersebut pada akhir masa kontrak. Tapi sebelum itu, Pemkot Cirebon akan melakukan pembahasan langkah-langkah yang akan ditempuh, di samping evaluasi terhadap hasil akhir proyek itu di penghujung tahun ini.

“Kita akan bicarakan untuk evaluasi. Kita lihat hasil akhirnya seperti apa untuk kemudian menentukan langkah-langkah selanjutnya,” kata dia.

Selain itu, kata Asep Dedi, pihaknya juga akan melakukan pembahasan bersama dengan DPRD Kota Cirebon. Pasalnya, pendanaan untuk megaproyek itu menggunakan pola tahun jamak atau multi years yang mana atas persetujuan bersama pemkot dan DPRD yang dituangkan dalam peraturan daerah (perda).

“Kita juga akan membahasnya bersama DPRD, karena memang harus kita kaji bersama. Termasuk dengan banggar (badan anggaran, red) untuk kemungkinan itu (pengerjaan dilanjut tahun depan, red),” katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan koran ini di lokasi proyek pembangunan gedung setda, kerangka konstruksi bangunan sudah berdiri tiga lantai. Aktivitas pekerja bangunan terlihat ada, hanya saja kurang bergeliat karena jumlahnya tak banyak.

Pejabat terkait di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon sendiri belum bisa dimintai konfirmasinya berkaitan progres pembangunan gedung setda 8 lantai menjelang habis masa kontrak itu. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Gedung Setda Dipastikan Tak Selesai, Kontruksi Bangunan Baru Tiga Lantai "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...