Dicari Orang yang Punya Integritas

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon terus melakukan berbagai persiapan menjelang pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 mendatang. Setelah penerimaan berkas pendaftar PPS dan PPK, KPU dalam tiga hari ini tengah melaksanakan tes wawancara sebagai bagian dari seleksi calon PPK se-Kabupaten Cirebon.
kpu kabupaten cirebon seleksi calon anggota ppk
KPU Kabupaten Cirebon seleksi calon anggota PPK. Foto: Yoga

Pada Selasa (24/10), merupakan hari kedua tes wawancara dilaksanakan. Sampai Rabu (25/10) besok (hari ini, red) komisioner dibagi tugas guna melihat potensi dan pengetahuan para calon PPK yang telah lolos tahapan sebelumnya ini.

Ditemui di jeda wawancara, salah satu Komisioner KPU, Sudiono mengatakan tes wawancara ini sengaja dibagi dalam tiga hari guna membagi jumlah peserta yang cukup banyak. Dia mengungkapkan, secara keseluruhan, dalam satu kecamatan dibutuhkan lima orang PPK.

“Hari ini, kita wawancara untuk lima kecamatan. 40 kecamatan itu dibagi tiga hari dan tiga ruangan sehingga besok kita harapkan selesai,” ujar Dion, sapaan akrabnya.

Disinggung mengenai materi yang ditanyakan kepada peserta, Dion mengungkapkan KPU ingin memilih PPK yang memang mnemiliki jiwa integritas dan juga profesional dalam kepemiluan. Artinya, dia menyebutkan wawancara ini sebagai bentuk uji wawasan bagi para peserta.

“Kompetensi para peserta akan dinilai. Menejemen pengelolaan kepemiluan menjadi hal yang terpenting karena itu adalah modal menjadi penyelenggara pemilu,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Dion juga menegaskan KPU dalam menyelenggarakan semua tahapan seleksi berasaskan keterbukaan. Artinya, dia mempersilahkan semua pihak untuk melihat langsung seleksi yang dilakukan KPU ini.

“Kita undang Panwas agar mereka mengetahui tahapan yang kita lakukan. Sekarang ada rekan media kesini dan bisa dilihat sendiri bagaimana seleksi kita berlakukan. Kita tidak ingin ada yang ditutupi,” terangnya.

Diakhir wawancara, Dion menyampaikan pengumuman PPK terbaik akan dilakukan pada 28 Oktober mendatang. Nantinya, calon dari masing-masing kecamatan akan dipilih sebanyak lima orang terbaik.
“Tanggal 30 Oktober akan dilantik menjadi PPK. Baru setelah itu, kita lanjut ke tahapan seleksi PPS,” tandasnya.

Sementara itu, pantauan Rakcer di Kantor KPU Kabupaten Cirebon, sebagian besar para pendaftar PPK merupakan orang yang pernah menjadi penyelenggara pemilu sebelumnya. Rata-rata, para pendaftar PPK ini telah merasakan menjadi PPS pada pemilu yang lalu sehingga untuk tahun 2018 mendatang mendaftarkan diri sebagai PPK.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Dicari Orang yang Punya Integritas "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus