Berkas PDIP, Gerindra dan PAN Dikembalikan

CIREBON – Penyerahan berkas verifikasi partai politik (parpol) akan ditutup pada Senin (16/10) malam sebelum pukul 00.00. Sampai Jumat (13/10) kemarin, baru ada tiga parpol yang berkas verifikasinya diterima dan dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Cirebon, yakni Partai Perindo, Partai Nasdem, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
kpu kota cirebon verifikasi parpol peserta pemilu
KPU Kota Cirebon verifikasi parpol peserta pemilu. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Berdasarkan data di KPU Kota Cirebon, terdapat tiga parpol lain yang sudah menyerahkan berkas verifikasi, namun dikembalikan karena harus dilengkapi atau diperbaiki. Ketiganya padahal tergolong parpol berpengalaman, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).
“Ada tiga parpol yang kita terima dan tiga parpol lagi dikembalikan. Selebihnya, belum menyerahkan berkas verifikasi,” ungkap Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak, ditemui usai menggelar rapat koordinasi bersama para elit pengurus parpol tingkat kota, di aula kantor KPU.
Ia mengimbau kepada semua parpol yang belum menyerahkan berkas verifikasi, untuk mengambil waktu yang tidak bersamaan dengan penyerahan pendaftaran di pusat maupun serentak dengan daerah lain. Hal itu untuk mengindari kemungkinan gangguan pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), sebagaimana pernah terjadi saat Partai Perindo menyerahkan berkas pada Rabu (11/10) lalu.
“Kalau bisa jangan mendaftar di jam yang sama, ketika misalnya secara serentak se-Indonesia. Kemudian jangan mepet di hari terakhir. Khawatir ada apa-apa yang harus dilengkapi, tidak cukup waktu lagi. Ini imbauan, semata-mata untuk kebaikan bersama,” katanya.
Sementara itu, dalam rapat koordinasi bersama para elit pengurus parpol tingkat kota, semua parpol – terutama yang belum menyerahkan berkas verifikasi – menyampaikan mengenai kesiapan penyerahan berkas. Partai Golkar, rencananya akan menyerahkan berkas verifikasi pada hari ini. 

“Insya Allah kita akan menyerahkan berkas verifikasi besok (hari ini, red),” ungkap Sekretaris DPD Partai Golkar, Kurnia Rustandi.
Partai Demokrat dan PKB rencananya akan menyampaikan berkas verifikasi pada Minggu atau Senin besok. “Kalau tidak hari Minggu ya Senin. Karena ada sedikit kendala di server dari DPP. Tapi kita sudah memahami caranya,” kata Wakil Ketua DPC Partai Demokrat, Heri Guseri.
Sedangkan PPP, sejauh ini masih mengumpulkan KTA dan KTP para anggotanya, serta berencana akan menyerahkan berkas verifikasi pada Minggu besok. Kondisi berbeda dialami PAN yang menghadapi ketidakcocokan data di Sipol. “Ada ketidaksinkronan data di Sipol. Data kami 1.200, tapi di sipol lebih dari 2.000,” kata Agung, perwakilan DPD PAN.
PKPI justru belum jelas, kapan akan menyerahkan berkas verifikasi. Dikatakan Sekretaris DPK PKPI, pihaknya masih menunggu instruksi dan keputusan dari DPN PKPI. “Untuk penyerahan berkas, kita menunggu dari pusat,” kata Saptaji.

Parpol pendatang baru, Partai Berkarya, rencananya akan datang ke KPU untuk menyerahkan berkas verifikasi pada hari ini. Karena DPP Partai Berkarya sendiri sudah mendaftarkan ke KPU pusat Jumat kemarin. “Ada ‎1.026 KTA di Sipol. Kita sudah siapkan juga berkasnya,” kata elit DPD Partai Berkarya, Roni Iriadi. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Berkas PDIP, Gerindra dan PAN Dikembalikan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...