416 Calon Anggota PPK Ikuti Tes Tertulis

INDRAMAYU - Setelah melalui tahapan seleksi administrasi pendaftaran, sebanyak 416 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilgub Jawa Barat tahun 2019 dinyatakan lolos. Dan besok, Jumat (20/10) akan mengikuti tahapan seleksi tes tertulis yang bertempat di Gedung PGRI Sindang.
Anggota KPU Indramayu tampak berbincang serius. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Murtiningsih Kartini didampingi Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Erwanto menjelaskan, rekrutmen calon anggota PPK masih ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan. Untuk saat ini memasuki tahap pengumuman yang dilanjutkan tes tertulis bagi pendaftar yang dinyatakan berkas pendaftarannya lengkap. 

"Hari Jumat akan dilaksanakan tes tertulis bagi yang lolos seleksi administrasinya. Bagi yang akan mengikuti seleksi tes tertulis bisa mengambil kartu tes di Sekertariat KPU," terangnya, Rabu (18/10).

Dengan ketentuan waktu pelaksanaan pukul 13.00 WIB, pesertanya diwajibkan sudah hadir 30 menit sebelum tes dimulai. Juga harus membawa kartu peserta, perlengkapan dan alat tulis. 

"Ada beberapa hal yang dilarang selama tes berlangsung. Apabila ada yang melanggar tata tertib akan diberikan sanksi, mulai teguran lisan sampai dibatalkannya sebagai peserta tes. Hasilnya nanti diumumkan 22 Oktober 2017," tegasnya.

Berdasarkan data pendaftaran, pihaknya mencatat ada 431. Dan dari hasil penelitian dalam seleksi administrasi, ditemukan 15 pendaftar yang persyaratannya terdapat kekurangan. "Faktor yang menjadikan 15 pendaftar tidak lolos itu diantaranya tidak melegalisir ijazah, tidak melampirkan riwayat hidup, tidak mempunyai KTP elektronik atau surat keterangan, dan ada yang sudah pernah menjadi anggota PPK dua kali periode," sebutnya.

Selanjutnya, bagi peserta seleksi tes tertulis yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahapan berikutnya, yakni wawancara pada 23-25 Oktober nanti. Pada tahapan wawancara tersebut diikuti maksimal 10 peserta dari masing-masing kecamatan sesuai hasil tes tertulis. "Pada seleksi tertulis itu dicari 10 besar dari setiap kecamatan untuk seleksi wawancaranya. Kalau ada kecamatan yang jumlah peserta yang lolosnya kurang dari 10, ya sesuai jumlah itu saja," paparnya.

Seperti diketahui, jumlah calon anggota PPK yang akan mengikuti seleksi tes tertulis itu terbanyak adalah dari Kecamatan Indramayu, sebanyak 37 orang. Dan paling sedikit 7 orang, yaitu Kecamatan Gantar dan Sukra. "Pengumuman hasil wawancaranya 28 Oktober. Sedangkan pelantikannya diperkirakan antara tanggal 29 sampai 30 Oktober. Nanti dari KPU Jabar akan hadir," pungkasnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " 416 Calon Anggota PPK Ikuti Tes Tertulis"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus