Walikota: Dunia Harus Tahu, Kota Cirebon Kaya Budaya

KESAMBI - Sebagai ucapan selamat datang dan rangkaian agenda awal, para raja dan sultan se-Nusantara yang menjadi tamu pada Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI di Kota Cirebon dijamu makan malam di taman wisata goa Sunyaragi, Jumat (15/09) malam.
undangan fkn disambut makan malam di goa sunyaragi
Undangan FKN disambut makan malam di goa Sunyaragi. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Dari pantauan wartawan koran ini dilapangan, selain diikuti oleh 48 kerajaan di nusantara, agenda welcome dinner party semalam juga dihadiri oleh para tamu dari kerajaan negara-negara tetangga, seperti dari kerajaan Singapura, Thailand dan Filiphina. 

Para raja dan permaisuri yang ikut dalam jamuan tersebut tampak gagah dan anggun dengan mengenakan busana dan pakaian khas kerajaan masing-masing, mereka dijamu dengan berbagai kuliner khas Cirebon. 

Dalam sambutannya saat menjamu para tamu, Walikota Cirebon, Nasrudin Azis menyampaikan selamat datang kepada para raja dan sultan se-Nusantara di Kota Cirebon, ia juga mengungkapkan kebanggaannya bisa menyambut langsung para tamu agung di Bumi Kota Wali. 

"Selamat datang, sebuah kebanggan bagi saya bisa menyambut para raja, sultan, permaisuri, pangeran dan para ratu se-Nusantara di Kota Ramah, Kota Cirebon," ungkap Azis.

Antusias masyarakat pada jamuan makan malam ini, kata dia, menjadi bukti nyata bahwa FKN memiliki peran penting dalam meningkatkan rasa cinta serta kebanggaan masyarakat akan pelestarian budaya yang sangat kaya dimiliki oleh Nusantara, khususnya di Kota Cirebon sebagai tuan rumah.

Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI yang digelar di Kota Wali ini, lanjut azis, bisa menjadikan sebuah jalan agar Kota Cirebon lebih dikenal sebagai daerah yang kaya akan destinasi wisata kebudayaan, wisata religi serta wisata bahari bukan hanya di tingkat nasional, akan tetapi bisa tampil memperkenalkan diri di mata dunia Internasional. 

"Melalui FKN kali ini, kita ingin tunjukkan pada dunia bahwa Kota Cirebon memiliki setumpuk nilai sejarah dan budaya yang harus dijaga," ucap Azis.

Sementara itu, mewakili Gubernur Jawa Barat, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida ikut berbangga menyambut para tamu agung yang hadir pada FKN ke-XI di Kota Cirebon.

Menurut dia, FKN adalah salahsatu bukti nyata dari bentuk pelestarian budaya yang ada di Indonesia, FKN ini harus bisa mengenalkan nilai-nilai kebudayaan yang ada kepada anak cucu sebagai penerus bangsa agar tidak lupa akan sejarah dan budayanya.

Sebagai salahsatu daerah yang sarat akan sejarah di Jawa Barat, ia pun mengapresiasi langkah pihak penyelenggara yang telah mempersiapkan segala bentuk penyambutan untuk para raja dan sultan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kata Ida, akan menggenjot Kota Cirebon agar bisa menjadi penyumbang wisatawan terbesar untuk Indonesia, Pemprov akan mengambil peran dalam segala bentuk pelestarian destinasi yang ada.

"Saya ucapkan selamat datang kepada para tamu se-Nusantara, ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada jajaran penyelenggara, pihak keraton dan pemkot Cirebon yang telah memperaiapkan segala bentuk penyambutan untuk mengagungkan para tamu," ungkap Ida. (sep) 

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Walikota: Dunia Harus Tahu, Kota Cirebon Kaya Budaya"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus