Sampah Menumpuk di Pinggir Laut, Warga Rentan Terserang Penyakit

LEMAHWUNGKUK – Warga di sepanjang pesisir laut Kota Cirebon rentan terserang penyakit. Hal itu salahsatunya dipicu kotornya lingkungan di pinggir laut dengan sampah yang menumpuk dan terjadi selama bertahun-tahun.
pantai kota cirebon dipenuhi sampah
Pantai Kota Cirebon dipenuhi sampah. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Seperti tidak ada penanganan secara komprehensif, sampah menjadi pembatas antara laut dan daratan selama jangka waktu lama. Potensi paparan bibit penyakit semakin menjadi, lantaran sampah tersebut mayoritas dalam keadaan basah. Di samping, ancaman rusaknya biota laut juga tak bisa dikesampingkan.

Tokoh pemuda RW 5 Cangkol Tengah, Muslimin, mengatakan banyaknya sampah di pinggir laut sudah terjadi sejak lama. Penanganan yang dilakukan warga hanya dengan alat seadanya. Itupun sebenarnya tidak memberi dampak berarti bagi pengurangan volume sampah.

“Persoalan sampah di pinggir laut atau pesisir Kota Cirebon terjadi sejak lama. Di banyak titik, kita gampang menemukan tumpukan sampah dengan jumlah besar. Warga tidak bisa berbuat banyak untuk persoalan ini,” ungkap Muslimin, kemarin.

Menurutnya, sampah yang menumpuk di banyak titik sepanjang jalur pesisir, tidak semuanya bersumber dari masyarakat sekitar. Ia menyebutkan, sebagian besar sampah itu berasal dari aliran hulu sungai. Pesisir sebagai hilir atau muara sungai, pasti akan banyak mendapat kiriman sampah.

“Memang ada juga dari warga sekitar. Tapi sebagian besar sampah ini kiriman, baik itu dari hulu sungai maupun titik lain di kawasan pantai. Bahkan ada juga yang dengan sengaja membuang sampah ke laut,” ujarnya.

Diakuinya, kondisi itu membuat warga di kawasan pesisir rentan terserang penyakit. Betapa tidak, jarak antara tumpukan sampah di pinggir laut, sangat dekat dengan pemukiman warga. “Kondisi lingkungan yang tidak bersih, membuat potensi penyebaran penyakit sangat tinggi. Makanya rentan juga,” kata dia.

Untuk itu, Muslimin meminta kepada semua pihak terkait untuk berkomitmen menjalankan penanganan sampah yang mengarah ke laut. Langkah itu bisa dilakukan dari hulu sampai ke hilir.

“Dinas maupun instansi terkait bisa mengupayakan pembangunan TPS dan pengangkutan sampah di bibir pantai. Selain kita juga bersama-sama terus mengedukasi warga, bahwa membuang sampah ke laut itu dilarang,” katanya.

Sementara itu, tumpukan sampah juga diketahui terdapat di beberapa titik sepanjang Kali Kriyan. Di bantaran salah satu kali besar di Kota Cirebon itu dengan mudah ditemukan tumpukan sampah. 

Di Pegajahan Selatan mislanya. “Tumpukan sampah ini terjadi sudah lama,” kata Ketua RT 5 RW 5 Pegajahan Selatan, Nurhartati. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Sampah Menumpuk di Pinggir Laut, Warga Rentan Terserang Penyakit"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...