Ribuan Warga Meriahkan Arum Surakatiga

KUNINGAN - Ribuan peserta ikut meramaikan arung Surakatiga, mengambil start di irigasi Citangtu dan finish di irigasi Winduhaji, peserta menempuh jarak 3 kilometer dan diikuti oleh berbagai kelompok usia mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua.
peserta arung jeram kuningan temuh tiga kilometer
Bupati Kuningan lepas peserta arung jeram. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Arung surakatiga ini diselenggarakan untuk yang ke-22 kalinya, dalam setiap penyelenggaraan arung surakatiga peserta selalu membludak, hal tersebut terlihat dari antusiasme warga untuk ikut serta dalam kegiatan ini cukup tinggi.

“Kegiatan arung surakatiga ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi warga selain itu juga kegiatan ini diselenggarakan dalam memeriahkan hari jadi ke-517 kuningan,” ujar Maksum salah seorang warga Winduhaji.

Peserta arung jeram surakatiga dilepas langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Puranama, Minggu (20/9).

Warga berharap, kegiatan arung surakatiga yang menjadi agenda rutin tahunan ini dapat di agendakan menjadi kegiatan rutin pada peringatan HUT Kabupaten Kuningan. 

“Kami beserta seluruh warga penyelenggara arung surakatiga berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin dalam memperingati HUT Kabupaten Kuningan, sehingga pada penyelenggaraannya nanti akan lebih meriah lagi,” katanya

Sementara itu, bupati Kuningan, H Acep Purnama mengatakan, kegiatan ini cukup memiliki arti penting bagi masyarakat disamping menjadi kegiatan yang positif arung surakatiga juga dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap lingkungan.

“Air irigasi ini selain digunakan untuk kegiatan arung surakatiga juga dimanfaatkan oleh PDAM dan diolah menjadi air minum dan kemudian disalurkan kepada masyarakat wilayah timur Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Acep berharap, seluruh warga yang berada di saluran irigasi surakatiga tersebut dapat menjaga serta melestarikan keberadaan irigasi sehingga kegiatan arung surakatiga terus bisa diselenggarakan.

Dari pantauan dilapangan, ribuan warga sangat antusias menikmati arung surakatiga, arung jeram ini berjarak sekira 5 KM meter dengan bergerak mengandalkan deras arus air dari hulu. Namun, untuk pengendalian agar tidak jatuh itu bergantung terhadap peserta sendiri.

Salah seorang peserta yang masih duduk di bangku SMP kelas 1, Asep, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Ia bersama teman-teman tadinya ragu untuk mengikuti lomba arung jeram ini. 

“Namun, setelah melihat yang lain pada ikut, saya juga jadi tertarik. Ini kan kita naik ban dalem mobil,” kata Asep, diamini seorang temannya, Dadi. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Ribuan Warga Meriahkan Arum Surakatiga"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus