Puluhan Tahun H Ason Sukasa Melawan Komplikasi Penyakit

WAKIL Bupati Cirebon tahun 2008-2013, H Ason Sukasa SmHK meninggal dunia, Kamis (21/9) pukul 11.00 WIB di RS Mitra Plumbon. Mantan wakil dari almarhum mantan Bupati Cirebon H Dedi Supardi itu masuk rumah sakit tersebut sejak 15 September lalu. 
mantan wakil bupati cirebon meninggal dunia
Ason Sukasa. Foto: Ist./Rakyat Cirebon 
Nama H Ason Sukasa SmHK sangat familiar di dunia politik Cirebon.  Pernah memimpin Partai Golkar Kabupaten Cirebon, dan meraih puncak jabatan politiknya sebagai wakil bupati Cirebon, mendampingi bupati Cirebon saat itu H Dedi Supardi, yang sudah lebih dulu wafat. 

Kondisi pria asal Kecamatan Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik itu memang sudah kritis dan harus mendapatkan perawatan intensif di ruang ICU. Bahkan, Ason Sukasa sangat sering bolak balik ke RS Mitra Plumbon untuk berobat atau sekadar ngecek kesehatannya.

Anak almarhum, Sunandar Priyowudarmo menyampaikan, ayahnya mengidap penyakit gula darah sudah sejak lama. "Sudah sangat lama, sekitar 30 tahun bapak menderita gula darah," kata pria yang akrab disapa Priyo itu.

Dikatakan Priyo, pada 2005 silam almarhum dioperasi di bagian kepala. Atau sebelum terpilih menjadi wakil Bupati pada tahun 2008.  Selain itu ayahnya juga harus rutin memeriksakan diri ke rumah sakit. “Dirawat sudah satu minggu lebih, dokter mendiagnosa komplikasi. Bukan saja gula darah tapi ginjal dan jantung juga kena," bebernya.

Sebagai seorang anak, Priyo menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Cirebon, apabila  selama menjabat wakil bupati Cirebon terdapat banyak kesalahan yang disengaja ataupun tidak. "Saya juga menyampaikan terimakasih yang sudah mendoakan almarhum," sambungnya.

Sementara itu anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Cirebon, Diyah Irwani mengaku sangat kehilangan. Pasalnya almarhum merupakan sosok orang tua, juga negarawan.

"Jelas kami merasa kehilangan. Almarhum adalah politisi senior, negarawan juga orang tua bagi kami. Banyak hal yang kami pelajari dari sosoknya semasa hidup," paparnya.

Banyak hal yang patut diteladani dari almarhum. Seperti ketegasannya di dalam partai, mengayomi juga loyal terhadap partai.

"Kita doakan agar almarhum diampuni dosa-dosanya. Dan untuk keluarga dikuatkan dan bisa meneruskan perjuangan almarhum," imbuh Diyah.

Ason Sukasa meninggal pada usia 67 tahun. Almarhum meninggalkan satu istri Hj Enny Suhaeni dan lima orang anak, salah satunya Priyo yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon. (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Puluhan Tahun H Ason Sukasa Melawan Komplikasi Penyakit"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...