Pemkot Buka Rekening Donasi Rohingya

KEJAKSAN – Tragedi pembantaian terhadap muslim etnis Rohingya di Myanmar terus memancing perhatian umat Islam dunia tak terkecuali di Kota Cirebon. 
umat muslim cirebon gelar aksi peduli rohingnya
Plt Sekda Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi (kedua kiri) didampingi Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno tandatangani petisi dukung Rohingya. Foto: Asep/Rakyat Cirebon 
Usai salat Jumat (8/9) kemarin, ribuan umat muslim di Kota Cirebon yang mengatasnamakan forum komunitas umat Islam Cirebon berkumpul di masjid raya Attaqwa menggelar aksi, orasi, petisi dan donasi untuk muslim Rohingya.

Aksi yang dilakukan kemarin diawali dengan longmarch dari Alun-alun Kejaksan ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon. 

Sesampainya disana, beberapa perwakilan ormas yang bergabung dalam aksi tersebut melakukan orasi yang disaksikan langsung oleh Ketua DPRD, Edi Suripno SIP, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon, Ust Solihin Uzer serta ratusan umat islam.

Saat diwawancarai sejumlah awak media, Koordinator Aksi kemanusiaan peduli Rohingya di Kota Cirebon kemarin, Ahmad Yani MAg menerangkan bahwa aksi tersebut adalah bentuk dukungan umat muslim di Cirebon terhadap saudara seiman yang telah menderita akibat tragedi kemanusiaan di Myanmar, yang mana kaum etnis muslim di Rohingya di bantai dengan sangat kejam.

“Ini adalah bentuk keprihatinan mendalam kita terhadap saudara muslim di Rohingya yang dibantai dengan tidak berprikemanusiaan,” ungka Yani kepada rakcer di depan gedung dewan, kemarin.

Selain melakukan aksi dan berorasi, massa aksi juga membuat petisi sebagai bentuk kecaman terhadap tragedi di Rohingya tersebut, petisi itu ditandatangi langsung oleh Walikota Cirebon dan Ketua DPRD di depan massa aksi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun rakcer, petisi tersebut berisi lima point krusial, diantaranya muslim Kota Cirebon, megutuk dan mengecam keras tragedi kemanusiaan dilakukan rezim pemerintahan Myanmar terhadap muslim di Rohingya.

Kedua, mereka meminta kepada mahkamah militer internasional untuk menegakan keadilan seadil-adilnya, menghukum seberat-beratnya tokoh intelektual yang menjadi otak kejahatan kemanusiaan di Rohingya.

Massa aksi juga meminta presiden agar memberikan bantuan nyata, menyerukan untuk bersama PBB dan lembaga kemanusiaan dunia menyelesaikan segera konflik yang ada. 

Selain itu, pada point kelima, massa aksi meminta kepada presiden Jokowi untuk memutuskan hubungan diplomatik terhadap negara Myanmar.

“Kami juga membuat sebuah petisi, dan semua stakeholder di daerah ikut menyepakati petisi itu,” jelas Yani.

Sementara itu, Ketua DPRD kota Cirebon, Edi Suripno SIP menambahkan bahwa segala aspirasi yang disampaikan massa aksi akan disampaikan pihaknya ke DPR-RI untuk diteruskan kepada presiden Jokowi.

"Semua hal yang tadi disampaikan, termasuk petisi itu akan kami tampung, kemudian kami teruskan kepada DPR-RI untuk disampaikan kepada Presiden, sesuai dengan keinginan massa aksi," kata Edi.

Setelah menggelar aksi, orasi serta penandatanganan petisi, massa aksi pun menutup aksi kemanusiaan kemarin dengan bersama-sama mendoakan saudara muslim yang saat ini tengah terisolasi di wilayah pedalaman Myanmar.

Setelah itu, mereka pun kembali ke titik kumpul awal di Masjid Raya at-Taqwa dan menggelar Shalat Ashar berjamaaah. 

Menyikapi aksi tersebut, Pemerintah Kota Cirebon langsung merespon dengan akan membantu mengkoordinir bantuan kemanusiaan untuk disalurkan kepada muslim Rohingya.

“Kita sepakat untuk mengecam aksi pembantaian di Rohingya, dan pemkot mendukung aksi ini, bentuk dukungan kami, kita akan koordinasi dengan teman-teman di perbankan untuk sama-sama membuka rekening Cirebon Peduli Rohingya,” ujar Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSI saat diwawancarai usai menemui masa aksi kemarin.

Rencana untuk membuka rekening Cirebon Peduli Rohingya ini, lanjut dia, secara spontan terbersit saat para umat islam Kota Cirebon melakukan orasi kemarin. Dimana selain berorasi, mereka juga melakukan donasi yang akan disalurkan untuk membantu saudara muslim di Rohingya.

“Rencana ini akan kita matangkan, secara spontan saya juga terpikir hal itu dan saya yakin pa wali juga akan setuju. Mudah-mudahan Senin nanti sudah bisa dimulai,” lanjut Agus.

Untuk diketahui, pada aksi kemarin, ratusan umat islam di Cirebon juga melakukan galang donasi. Mereka bersepakat untuk menyalurkan semua hasil infak dan sodaqoh pada Sholat Jumat di seluruh masjid yang ada di Kota Cirebon.

“Mereka (masa aksi. Red) juga telah memulai dengan menyerahkan infak pada Jumat kali ini, kita dari pemkot juga harus mengapresiasi,” ujarnya.

Pada teknisnya nanti, ditambahkan Agus rekening Cirebon Peduli Rohingya ini akan diperuntukkan untuk pihak manapun yang memiliki itikad baik untuk membantu saudara muslim di Rohingya.

Bahkan, kata dia, bukan tidak mungkin event Festival Keraton Nusantara (FKN) pun akan dimanfaatkan untuk menggalang dana bantuan kemanusiaan tersebut.

“Ini akan kita peruntukkan untuk semua lapisan masyarakat yang memiliki kepedulian. Nanti kita kumpul, kita informasikan, mudah-mudahan momentum FKN bisa menjadi publikasi yang bagus,” kata Agus. (sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Pemkot Buka Rekening Donasi Rohingya "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...