KPU Berharap Maskot Canting Batik Bisa Dongkrak Partisipasi Pemilih

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon berharap adanya maskot yang sudah dipilih untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon Tahun 2018 mendatang bisa ikut mendongkrak partisipasi masyrakat. 
kpu kabupaten cirebon luncurkan maskot pilkada
KPU Kabupaten Cirebon sosialisasi tahapan pilkada. dok. Rakyat Cirebon
Seperti diketahui sebelumnya, KPU Kabupaten Cirebon beberapa waktu lalu telah menentukan maskot untuk pilbup berupa karakter Canting yang merupakan alat untuk membatik. Pemilihan canting tersebut dianggap pas karena Kabupaten Cirebon dikenal sebagai kota penghasil batik berupa Mega Mendung.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli mengungkapkan, maskot ini menggambarkan beberapa arti. Diantaranya, ajakan untuk memberikan hak suaranya serta pengingat tanggal pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Bisa dilihat di gambar tersebut tangan kanan maskot memegang paku yang artinya ajakan untuk mencoblos atau memberikan hak suaranya saat pilbup mendatang. Disamping itu, tangan lainnya memegang selembar kertas yang bertuliskan 27 Juni 2018 yang artinya mengingatkan pemilihan bupati akan dilaksanakan pada tanggal itu,” tegas Saefudin.

Selain canting, Asep, sapaan akrab Saefudin Jazuli menyebutkan diikutsertakannya kain batik bermotif mega mendung dalam maskot. Artinya, Asep melihat pilbup merupakan hajat seluruh warga Kabupaten Cirebon yang harus disukseskan.

“Pilbup ini kan untuk memilih pemimpin dalam jangka waktu lima tahun kedepan. Maka dari itu, saya berharap masyarakat bisa ikut serta berpartisipasi dengan cara memberikan hak suaranya,” tambahnya.

Bukan hanya penggunaan maskot, KPU Kabupaten Cirebon juga terus melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat. Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Husnul Khotimah SFilI mengatakan sosialisasi sendiri nantinya akan melibatkan banyak pihak.

“Kita nantinya akan bekerja sama dnegan beberapa kelompok agar bisa masuk langsung ke sasaran. KPU tetap akan menargetkan partisipasi tinggi dalam pemilihan nanti,” singkatnya.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Berharap Maskot Canting Batik Bisa Dongkrak Partisipasi Pemilih"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...