Kedubes Amerika Sowan ke Walikota, Tawarkan Program Beasiswa

DI sela-sela menjelang pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI, kemarin, sejumlah tamu penting mulai hadir di Kota Cirebon. Salahsatunya dari Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat.
kedubes amerika kunjungi walikota cirebon
Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Assistant Cultural Affairs Officer Embassy of the United States America (USA), Maxwell S Harrington. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Assistant Cultural Affairs Officer Embassy of the United States America (USA), Maxwell S Harrington kemarin sudah berada di Kota Cirebon. Ia bahkan menyempatkan berkunjung ke beberapa tempat, diantaranya talk show di Radar Cirebon Televisi (RCTV) dan sowan ke Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH, di balaikota.

Selepas talkshow di studio RCTV, Maxwell melalui penerjemahnya, Darnifawan menyampaikan, hubungan billateral antara Indonesia dan Amerika Serikat sejauh ini terjalin dengan baik. Terutama kerjasama di bidang pendidikan. “Kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat sangat baik, salah satunya bidang pendidikan,” katanya.

Maxwell menambahkan, pihaknya memiliki prioritas dalam hal kerjasama dengan Indonesia, yaitu mempromosikan pendidikan. Antara kedua negara bahkan sudah mengidentifikasi pendidikan sebagai kunci prioritas. Makanya, dalam penerapan kerjasama di bidang pendidikan, Amerika Serikat menawarkan beberapa program beasiswa.

Misalnya, Young Southeast Asian Leaders (YSEALI). Program ini untuk masyarakat Indonesia berusia 18-35 tahun. Disampaikan Maxwell, sedikitnya ada empat program kemitraan Amerika Serikat, yakni pendidikan, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan kepedulian lingkungan.

Selain YSEALI, ada juga program beasiswa lainnya Amerika Serikat untuk Indonesia, yaitu Fulbright. Program beasiswa ini sudah bergulir di Indonesia sejak 1952. Salah satu tujuannya untuk mendorong terwujudnya pertukaran pelajar antar negara.

Program ini dikelola di Indonesia oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), sebuah yayasan nirlaba yang didirikan atas hasil kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat pada 1992 silam. “Peluang bagi semua masyarakat Indonesia sangat terbuka, termasuk masyarakat Cirebon,” katanya.

Sementara itu, ketika sowan ke Walikota Azis, Maxwell juga menyampaikan kekagumannya kepada Cirebon. Salah satu hal yang membuatnya kagum adalah keragaman budaya dan tradisi yang dimiliki. 

“Tadi (kemarin, red) dari Kedubes Amerika Serikat bersilaturahmi. Beliau kagum bahwa Cirebon memiliki keberagaman dalam hal budaya dan tradisi. Ini perlu kita lestarikan bersama,” kata Azis. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kedubes Amerika Sowan ke Walikota, Tawarkan Program Beasiswa"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...