Hindari Rute Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara

KEJAKSAN - Mengantisipasi keadaan arus lalu lintas saat digelar Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara, Sabtu (16/9), Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota telah menyiapkan jalur yang akan dilalui para peserta kirab dan mengantisipasi pengalihan jalur.
polres cirebon kota rekayasa lalu lintas saat fkn
Polres Cirebon Kota rekayasa lalu lintas saat FKN. Image by Dishub Kota Cirebon
Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) pada Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota, Ipda Joni saat diwawancarai wartawan koran ini, kemarin.

"Untuk kirab itu jalurnya sudah kita koordinasikan dengan panitia, semua akan disterilkan pada waktunya," ungkap joni kepada rakcer.

Mengenai jalur yang akan dilalui, lanjut joni, ada perubahan jalur kirab, sebagaimana rencana awal, bahwa kirab agung akan start di alun-alun Kasepuhan dan Finish di Gedung Negara, Krucuk, jalur tersebut akan dipotong, dan peserta kirab akan finish di Alun-alun Kejaksan.

Sebagaimana informasi yang berhasil diperoleh, Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara akan dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 10.30 siang.

Para peserta akan berjalan menggunakan rute start dari Alun-alun Kasepuhan - Jalan Lemahwungkuk - Jalan Pecinan - Jalan Pasuketan - Jalan Bahagia - Jalan Karanggetas - Jalan Siliwangi - Finish di Alun-alun Kejaksan.

Kepada masyarakat pengguna jalan, Joni mengimbau agar pada waktu Kirab Agung berjalan menghindari jalur-jalur yang digunakan untuk kirab.

"Kita sudah siapkan pengalihan jalur, maka dari itu kita imbau agar pengguna jalan menghindari jalur-jalur yang menjadi rute kirab, paling hanya akan berjalan selama dua jam, tidak akan lama," jelas Joni.

Bagi masyarakat yang ingin menonton kirab, ia juga mengharapkan agar bisa menonton dengan tertib, sehingga semua rangkaian agenda FKN bisa berjalan dengan lancar.

"Bagi yang mau menonton silahkan, yang penting tertib, kita sama-sama perlihatkan bahwa Kota Cirebon adalah kota yang taat akan ketertiban," harap Joni. 

Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Setijo Hermawan menjelaskan, setidaknya ada 7 ruas jalan yang akan ditutup untuk umum mulai pukul 09.00 sampai pelaksanaan kirab selesai.

Ketujuh ruas jalan tersebut Jalan Lemahwungkuk, Pecinan, Pasuketan, Bahagia, Karanggetas, Siliwangi Selatan, dan Siliwangi Utara. Sementara jika peserta kirab melebihi target, maka Dishub juga bakal mengalirkan ke Jalan Kartini, Kusnan, Moch Toha, Saleh dan Suratno.

“Untuk pelaksaan kirab, kemarin panitia sudah merilis rutenya. Paling kita untuk kirab saja, yang penting tahu jalurnya dari titik awal sampai titik akhir,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Sementara itu, untuk lalu lintas angkutan umum, Setijo bakal melakukan kordinasi dengan petugas di lapangan terkait pengalihan arus. Dipastikan, jalur – jalur alternatif difungsikan untuk memadahi lalu lintas angkutan umum.”Jalur angkutan umum yang kita sesuaikan,” sambungnya.

Kirab Agung akan menempuh jarak 4.394 meter star dari Keraton Kasepuhan menuju Gedung Negara BKPP Wilayah III Jawa Barat. Dalam pelaksanaannya, kirab akan diikuti oleh keraton–keraton peserta FKN yang menampilkan kreasi masing – masing.

Dalam berbagai kesempatan, Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat menjelaskan, Keraton Kasepuhan bakal menyiapkan 12 kuda lengkap dengan pedati. Peserta kirab akan menyapa masyarakat di sepanjang ruas jalan rute kirab.

Kirab Agung, tutur PRA Arief merupakan inti acara FKN XI. Dimana masyarakat dan wisatawan dapat bertemu langsung dengan raja–raja se nusantara. “Acara kirab ini yang paling unggulan dan akan menyedot perhatian masyarakat,” tutup PRA Arief. (wan/sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Hindari Rute Kirab Agung Prajurit Keraton se-Nusantara "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...