Cirebon Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru Jawa Barat

CIREBON –  Dunia pariwisata  Cirebon terus berbenah. Selain terus melakukan pembenahan fisik pada objek wisata andalan, pelaku wisata Cirebon juga tak henti mengeluarkan inovasi untuk menarik wisatawan berdatangan.
sultan kasepuhan beber destinasi wisata unggulan jabar
Caruban carnaval di goa Sunyaragi. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Gebrakan yang dibuat pelaku wisata Cirebon tahun ini, misalnya, Festival Keraton Nusantara (FKN) diprediksi akan menyedot perhatian masyarakat. Ditargetkan, selama 5 FKN diiringi  kegiatan Gelar Budaya, Cirebon akan kedatangan 1 juta wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat SE menegaskan, Cirebon sangat siap menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Barat. Didukung dengan jasa hospitality meliputi lebih dari 100 perhotelan  dan ribuan  rumah makan dan  restoran menjadikan Cirebon kian memikat di mata wisatawan.

“Cirebon sangat siap menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Barat. Semuanya kita punya, hotel banyak rumah makan yang menawarkan menu – menu andalan juga banyak. Ditambah makin mudahnya orang datang ke Cirebon,” ungkap Arief.

Lebih lagi, kata dia, program pemerintah yang gencar membangun insfrastruktur di Jawa Barat sangat berdampak  bagi Cirebon. Situasi seperti itu menjadi “surga” bagi pelancong.  Bahkan, tak hanya menjadi kota wisata budaya, Cirebon juga diproyeksikan menjadi kota tujuan riset.

Menurutnya, hal ini seiring besarnya potensi Cirebon sebagai lokasi penelitian. Tak sedikit ilmuan kelas dunia melahirkan karya monumental di Cirebon. Bahkan hasil risetnya diakui dunia akademisi dan menjadi rujukan pelajar Indonesia tentang Cirebon. 

Arief menjelaskan, dari semua aspek, Cirebon terbilang lengkap. Hanya saja, untuk mewujudkan cita – cita bersama yakni Cirebon sebagai tujuan wisata unggulan, dibutuhkan upaya bersama dari banyak pihak. Pemerintah sebagai tulang punggung pembenahan daerah harus proaktif.

Saat ini, menurutnya, kerja sama antara pemerintah daerah dengan pemangku kepentingan  pariwisata Cirebon terus bahu membahu mengupayakan Cirebon lebih baik. Hal itu, dibuktikan dengan pembenahan berbagai lokasi strategis wisata.

“Kerja sama harus ditingkatkan lagi. Mau tidak mau karena kita letaknya di Cirebon harus merangkul pemerintah daerah. Selama ini cukup baik, hanya saja belum sepenuhnya. Mungkin perlahan – lahan dulu,” tutupnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Cirebon Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru Jawa Barat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus