Taekwondoin Kota Cirebon Ikut Coaching Clinc

KESAMBI - Mempersiapkan Popda dan kualifikasi Porda tahun depan, Pengurus Cabang (Pengcab)  Indonesia (TI) Kota Cirebon kedatangan mantan pelatih nasional dan pelatih PON Kaltim asal Jabar untuk coaching clinc di gedung KNPI, Kota Cirebon, kemarin.
taekwondowin kota cirebon dilatih mantan pelatih nasional

Kegiatan coaching clinc ini, juga sebagai salah satu upaya untuk pemerataan dan update peraturan baru poomsae. Dari 25 peserta coaching clinic tersebut, kata dia, ada empat peserta dari Kabupaten Cirebon.

Kegiatan tersebut juga, diikuti sekitar 25 atlet dan pelatih dalam rangka mempersiapkan diri untuk pentas Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Kualifikasi Pekan Olahraga antar Daerah (Porda) pada 2017 mendatang.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) atlet TI Kota Cirebon, Suwiriyadi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk persiapan Popda dan kualifikasi Porda tahun depan.

"Dan Poomsae adalah gerakan-gerakan kombinasi yang dirancang untuk berlatih tanpa instruktur, dengan menggunakan dasar kinerja yang tetap dari menyerang dan bertahan," kata dia.

Dikatakan, Poomsae, kata dia, adalah unit yang penting dalam sistem teknis taekwondo. "Sehingga sangat penting untuk di update peraturannya," katanya.

Dan jika atlet dan pelatih tidak mengetahui poomsae yang baru, maka dipastikan mereka pun akan tertingggal. "Para atlet dan pelatih jarang mengupdate poomsae di wilayah III Cirebon," kata dia.

Poomsae itu, kata dia, untuk dipertandingkan, makanya pihaknya mengupdate agar lebih matang untuk kejuaraan mendatang. "Makanya kedepan kita pun berencana akan rutin diselenggarakan paling tidak minimal setahun dua kali, baik poomsae atau kyourigi," katanya.

Teknik ini, kata dia, sangat penting agar dalam kejuraan berikutnya para atlet dan pelatih di daerah tidak tertinggal dengan atlet lain.

Dan dengan kedatangan mantan pelatih PON Kaltim Asal Jabar tersebut, ingin mengetahui letak atau posisi benar dan salahnya. 

"Hal ini demi perbaikan teknik poomsae. Poomsae memiliki kelebihan dalam melatih teknik-teknik khusus dari teknik-teknik yang diterapkan, yang tidak dapat dilatih melalui gerakan-gerakan dasar," kata dia.

Poomsae dilatih bersamaan dengan garis (line) poomsae, dan garis poomsae ini menunjukkan posisi kedua kaki dan arah gerakan," katanya. (kim)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Taekwondoin Kota Cirebon Ikut Coaching Clinc"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...