Si Dabon” Dibuat oleh Kreator Maskot Pilgub DKI, Jingle Diciptaan Pak Polisi

PEMILIHAN Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018 akan digelar 27 Juni 2018 mendatang. Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon terus mempersiapkan diri untuk menjadi penyelenggara hajat demokrasi lima tahunan itu. Terbaru, KPU sudah menyiapkan maskot dan jingle untuk Pilwalkot 2018, seperti apa?
maskot pilawalkot cirebon berupa seekor udang
Peluncuran maskot dan jingle Pilwalkot Cirebon 2018. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Salah satu strategi KPU Kota Cirebon untuk lebih meningkatkan intensitas sosialisasi ke masyarakat, yaitu dengan menyiapkan maskot dan jingle Pilwalkot 2018. Dua item itu sudah siap. Maskot dengan rupa dasar seekor udang – khas Cirebon – dan jingle bernada hiphop bakal jadi simbol sarana sosialisasi.
KPU Kota Cirebon sendiri beberapa hari lalu membuka perlombaan pembuatan maskot dan jingle untuk pilwalkot. Pada 26 Juli lalu, maskot dan jingle akhirnya bisa didapat dari lomba tersebut. Dua pemenang lomba masing-masing maskot dan jingle sudah dihasilkan.

Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani SE Ak mengaku, pihaknya membuat perlombaan pembuatan maskot dan jingle Pilwalkot 2018 secara terbuka, agar masyarakat berpartisipasi.

“Kita ingin melibatkan masyarakat, pada tahapan yang memang masyarakat bisa dilibatkan. Salahsatunya pembuatan maskot dan jingle. Secara umum, agar partisipasi masyarakat bisa optimal,” ungkap Emir, di kantornya, Senin (31/7).

Ia menjelaskan, dalam lomba pembuatan maskot Pilwalkot 2018, KPU menerima sebanyak 11 karya dari peserta. Emir mengaku, ia bersama beberapa orang juri yang terdiri dari perwakilan Pemkot Cirebon, fotografer, hingga perupa seni, berusaha secara objektif untuk menentukan pemenangnya.

“Yang menang atas nama Ikhsan Dwiono dari Semarang. Dia memang kartunis, profesional di bidang itu,” katanya.

Emir menambahkan, Ikhsan ternyata diketahui sebagai pemenang lomba serupa pada saat KPU DKI Jakarta mengadakan lomba pembuatan maskot Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta beberapa waktu lalu. “Dia juga menang saat lomba pembuatan maskot untuk Pilgub DKI,” katanya.

Maskot yang diberi nama Si Dabon (Udang Cirebon) itu memiliki beberapa karakteristik khas dan makna tersirat. Misalnya, bertubuh sedikit tambun dengan posisi berdiri tegak dan dua tangan terangkat membentuk huruf “V” atau singkatan dari victory (kemenangan) dan tersenyum lebar.

Tangan kanan Si Dabon memegang paku pencoblos simbol memilih pemimpin atas dasar pilihan hati,  tanpa paksaan dan money politics. Sedangkan tangan kiri memegang kertas bertuliskan hari dan tanggal pelaksanaan pilwalkot,  Rabu 27 Juni 2018, yang mengingatkan pemilih untuk tidak melupakan hari tersebut dan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya.

Sementara untuk lomba jingle, dimenangkan oleh Reza Mulyana. Pria asal Kedawung Kabupaten Cirebon itu tercatat sebagai anggota polisi di Polres Cirebon Kota. Jingle beraroma hiphop itu berdurasi 1 menit. Reza menang dalam lomba pembuatan jingle, setelah bersaing dengan 14 peserta lainnya. Baik ikhsan maupun Reza, mereka berhak atas hadiah jutaan rupiah yang sudah disiapkan KPU. (nurul fajri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Si Dabon” Dibuat oleh Kreator Maskot Pilgub DKI, Jingle Diciptaan Pak Polisi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...