PT KAI Siapkan Gerbong Tambahan Selama Libur Idul Adha

KEJAKSAN – Meski tak seramai Idul Fitri, lebaran Idul Adha  juga mendapat perhatian dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk bersiaga. 
pt kai cirebon operasikan ka tambahan secara bergiliran
Krisbiyantoro. dok. Rakyat Cirebon
Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada H-2 dan H-1 lebaran Idul Adha, PT KAI Daop 3 Cirebon rencananya akan mengoperasikan KA tambahan.

Pengoperasian KA tambahan direncanakan mulai hari ini atau H-2 sampai Senin (4/9) pekan depan atau H+3 lebaran Idul Adha. Namun, karena tingkat kepadatan penumpang jauh berbeda dengan musim mudik Idul Fitri, PT KAI Daop 3 Cirebon akan mengoperasikan KA tambahan secara bergiliran.

“Tidak sekaligus dioperasikan semua. Karena lonjakan penumpang pada liburan Idul Adha tidak sebanyak Idul Fitri. Polanya sama seperti libur akhir pekan," ungkap Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro, Selasa (29/8).

Ia menjelaskan, salah satu KA tambahan yaitu KA Argojati. KA tambahan tersebut akan memulai rute pemberangkatan dari Stasiun Cirebon pada pukul 11.00 WIB, kemudian pada Kamis besok pada pukul 8.00 WIB. 

Begitu juga pada Jumat (1/9) atau tepat hari raya Idul Adha, KA Argojati akan dioperasikan pada jam keberangkatan pukul 11.00 WIB. “Sedangkan hari Sabtu dioperasikan KA Cirebon Ekspres tambahan dengan jam keberangkatan pukul 16.45 WIB," jelasnya.

Kris menambahkan, kedua KA yang sama juga akan dioperasikan pada Minggu (3/9) pukul 11.00 WIB dan 17.25 WIB. Nah, pada Senin (4/9), KA Argojati tambahan akan diberangkatkan pukul 11.00 WIB dan KA Cirebon Ekspres fakultatif pukul 15.10 WIB. “Jadi hari Senin setelah Iduladha juga kita masih ada KA tambahan,” katanya.

Sejalan dengan itu, dijelaskan Kris, KA tambahan yang dioperasikan berkapasitas 540 kursi. Sejauh ini sudah 70 persen tiket dari jumlah kursi sudah terjual. Diperkirakan sekitar 6.800 penumpang akan turun di stasiun yang ada di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon.

“Hari biasa sekitar 4.300 penumpang. Jadi diperkirakan dua kali lipat lonjakannya pada musim libur lebaran Iduladha nanti,” katanya.

Di sisi lain, Kris juga menyampaikan, rata-rata penjualan tiket untuk jadwal keberangkatan dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga 1 September mendatang sudah mencapai 90 hingga 95 persen.

Bahkan, kata dia, tiket untuk KA Sindoro, KA Argolawu, KA Tegal Bahari, dan KA Argoanggrek untuk keberangkatan 31 Agustus telah habis terjual.

Sama halnya dengan arus balik menuju Jakarta per tanggal 1 hingga 4 September, juga sebagian tiketnya sudah habis terjual. “Diperkirakan puncak arus balik Iduladha pada hari Minggu (3/9),” katanya. 

Untuk puncaknya sendiri, pihak PT KAI Daop III Cirebon memperkirakan lonjakan penumpang akan memasuki puncaknya pada tanggal 31 Agustus sore untuk arah timur ke barat. Sedangkan untuk puncak arus balik, diperkirakan Minggu sore sampai senin pagi semua kereta akan dipadati para penumpang yang kembali dari daerah barat.

"Kalau hari biasa sih penumpang yang turun di wilayah Daop III itu sekitar 4.300 orang saja, namun nanti pada puncaknya, kita perkirakan akan dua kali lipatnya," ujar Kris. (jri/sep)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "PT KAI Siapkan Gerbong Tambahan Selama Libur Idul Adha"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus