MR Ikut Tes Cabup Gerindra

KUNINGAN - Isu loncat partai dari Demokrat ke Gerindra yang dialamatkan kepada HT Mamat Robby Suganda SSos MAP (MR) semakin memanas. 
bacbup kuningan mamat robby ikut tes di gerindra
Mamat Robby Suganda (kiri) saat daftar ke Demokrat. dok. Rakyat Cirebon
Masuknya MR ke Partai Gerindra semakin menguat terlebih Kamis ini (23/8) MR akan mengikuti agenda fit and propert test (uji kelayakan, red) bakal calon bupati/wabup di DPD Gerindra Jabar bersama dengan para Balonbup/Wabup Gerindra dari berbagai daerah di Jabar serta pula para balon gubernur/wagub Jabar.

Saat dihubungi via telepon selulernya kemarin (23/8), Ketua DPC Partai Gerindra Kuningan H Dede Ismail SIP MSi alias DI, membenarkan MR akan ikut  fit and propert test bakal calon bupati/wabup di DPD Gerindra Jabar hari ini. Kendati ikut tes di Partai Gerindra, namun menurut DI, MR  masih sebagai kader Partai Demokrat. 

“Kalau (MR, red) masuk Gerindra mah belum, posisinya sekarang masih sebagai kader Partai Demokrat. Kan partai Demokrat dan Gerindra tidak bisa mengusung masing-masing, harus berkoalisi. Dalam koalisi umat tersebut kan ada 4 parpol. Jadi, tidak ada masalah kalau kader Gerindra daftar ke Demokrat, begitu pun sebaliknya kader Demokrat daftar ke Gerindra, sehingga nanti rekomendasi itu kan harus berpasangan. Ini kan bentuknya koalisi, tidak mungkin Demokrat sendiri, kecuali PDI Perjuangan yang 10 kursi, sehingga bisa mengusung satu paket pasangan calon Bupati/Wabup,” jelas DI yang kala itu dirinya sedang berada di Pulau Batam untuk kunjungan Komisi I DPRD Kuningan yang dipimpinnya itu.

Lebih lanjut DI mengungkapkan, baru satu orang yang daftar cabup/cawabup Kuningan ke Partai Gerindra dari Koalisi Umat, yakni MR. Ia pun memastikan fit and propert test akan dilaksanakan Kamis hari ini. Adapun persyaratan si calon harus berKTA partai dimana ia akan maju dari partai tersebut, hal itu tidak berlaku bagi partai Gerindra, sehingga membolehkan kader partai lain atau dari luar partai mendaftarkan diri. 

“Rencananya fit and propert test Bakal Calon Bupati dan Wabup akan dilaksanakan besok (hari ini, red) untuk semua calon kepala daerah.  Termasuk juga ada Pak Robby besok. Syaratnya tidak juga harus berKTA Gerindra, boleh dari luar partai. Waktu Pilgub DKI juga kan Anies bukan kader Gerindra, beliau daftar dulu. Tidak ada persyaratan harus berKTA partai Gerindra,” jelasnya. 

Terkait komunikasi dengan para pimpinan Parpol peserta Koalisi Umat (PAN, Demokrat dan PKS), DI menegaskan selama ini komunikasi masih terjalin dengan baik. Untuk penentuan figur pasangan cabup/cawabup yang akan diusung Koalisi Umat, ia meminta semua pihak bersabar karena hal itu akan dilakukan berdasarkan kesepakatan peserta koalisi dengan berpedoman kepada hasil survei.

“Nanti hasil survei di internal koalisi seperti apa tinggal kita tunggu saja. Kan banyak bakal calon dari koalisi, Pak H Udin, Yosa, Agus, Mamat Robby, dan Dani Toleng, hasil surveinya di koalisi seperti apa, itu nanti akan kita bahas berdasarkan hasil kesepakatan. Jadi, nanti setelah ada kesepakatn koalisi, itulah yang akan diusung pasangan cabup/cawabup dari Koalisi Umat,” tuturnya. 

Menanggapi wacana MR akan berpasangan dengan Udin, DI mengatakan hal itu belum pasti terjadi. Yang jelas nanti siapapun yang mendapat rekomendasi dari koalisi umat, maka itulah keputusan bersama yang harus dilaksanakan. Dia akhir pernyataannya, ia kembali menjelaskan, status MR masih tetap kader Demokrat kendati ikut tes di Partai Gerindra. 

“MR masih berstatus kader Demokrat, gak ada masalah, ini kan perwakilan koalisi (Koalisi Umat, red). Dari daerah lain juga seperti dari Ciamis, ada yang daftar juga ke Gerindra dari Partai Demokrat, termasuk calon walikota Banjar Ibu Irma. Kemudian dari Purwakarta ada kader Golkar yang daftar ke Gerindra, dan daerah lainnya,” tandas pria bertubuh mungil tapi pemberani itu. (muh)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "MR Ikut Tes Cabup Gerindra"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus