Komponen PJU banyak yang Dicuri, Dishub Lapor Polisi

MAJALENGKA - Sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Lanud S Sukani tepatnya di wilayah Kecamatan Jatiwangi dan Ligung banyak yang mati disebabkan hilangnya sejumlah komponen listrik. 
lampu penerangan jalan umum majalengka rusak
PJU di Majalengka rusak. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon 
Petugas menduga ada oknum tak bertanggung jawab yang sengaja mencuri komponen PJU di tepi jalan raya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Majalengka, Yusanto Wibowo AP MP mengatakan, salah satu komponen PJU yang hilang adalah sumber baterai. Komponen ini diketahui banyak yang hilang di wilayah Jatiwangi dan sebagian di wilayah Ligung.

“Di Jatiwangi MCB-nya hilang. PJU di Ligung juga demikian. Kemungkinan ada oknum tak bertanggung jawab yang berbuat,” ujar Yusanto, Jumat (11/8).

Pihaknya masih mendata PJU-PJU yang tak menyala di sejumlah wilayah. Selain hilangnya MCB, sebagian kondisi PJU ada yang redup hingga mati total.

Karena sambungan yang tak netral, tidak bagus, atau bohlamnya yang mati. Pihaknya sudah memproses kejadian tersebut, dan saat ini sedang ditangani kepolisian.

Untuk menekan terjadinya aksi pencurian terulang, Yusanto meminta kepada warga di sekitar PJU agar ikut menjaga dan merawat PJU seperti milik mereka sendiri. Jika ada kerusakan, warga diminta tak sungkan untuk lekas melaporkan kepada Dishub. 

"Kalau ada oknum yang memanjat PJU tanpa memakai seragam itu artinya oknum tidakbertanggungjawab. Sebab selama ini petugas selalu memakai seragam. Rakyat jangan sungkan untuk lapor," tandasnya.

Sejauh ini, kata dia, sejumlah komponen untuk PJU bertenaga surya masih langka, antara lain aki dan panel surya yang harganya cukup mahal. Pihaknya berjanji untuk memasukan anggaran pengadaan pada APBD perubahan. Kalaupun tidak, akan dimasukan tahun 2018 nanti.

"Kami minta warga terdekat PJU agar mau melaporkan bila terjadi kerusakan karena kami belum bisa mendeteksi dengan sistem aplikasi,” paparnya seraya menyebutkan harga aki untuk PJU tenaga surya satu unit mencapai Rp3,5 jutaan.(hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Komponen PJU banyak yang Dicuri, Dishub Lapor Polisi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...