Jelang Harjad, Bupati Berdoa di Makam Sesepuh Kuningan

KUNINGAN - Jelang peringatan Hari Jadi Kuningan ke-519, Bupati Kuningan H Acep Purnama melakukan ziarah ke leluhur/sesepuh untuk memberikan doa atas jasanya kepada Kuningan. Ziarah diawali ke Makam Gede, Ramajaksa, Eyang Weri dan Mantan Bupati Kuningan, Senin (28/8).
bupati kuningan ziarah ke makam raden saleh albasah
Bupati Kuningan Acep Purnama berdoa di makam Raden Saleh Albasah. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Kedatangan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH bersama unsur Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat, Ketua TP PKK, dan Jajaran Pejabat Kabupaten Kuningan lainnya.

Untuk kunjungan yang dilakukan rombongan bupati diawali ke makam Gede Pangeran Arya Kamuning, Raden Saleh Albasah yang pernah menjabat Bupati Kuningan, Syekh Maulana Akabar. Dilanjutakan ke Kelurahan Winduherang Pangeran Ramajaksa sekalian Madrochim yang pernah menjabat Sekda yang di makamkan di Winduherang pula.

Kemudian ke Cikaso ke Bupati Bandi, diteruskan ke pamakam umum Winduhaji yakni ziarah ke Bupati sebelumnya yakni Hj Utje Ch Suganda, lanjut ke Makam Bupati Arifin yang di makamkan di Luragung terakhir ke Ciwaru Bupati Aruman.

Acep menuturkan, sudah sepantasnya kita selaku penerus cita-cita para leluhur senantiasa memberikan penghormatan. Dengan cara menghargai para leluhur bisa menjadi contoh. Adanya kita karena adanya mereka, adanya pemerintahan karena adanya pemerintahan sebelumnya. 

“Jadi sepantasnya kita sebegai generasi penerusnya untuk senantiasa mendoakanya dan menteladani jasa-jasa kebaikannya,” katanya.

Menurutnya, mereka (leleuhur, red) merupakan orang tua kita. Disinilah kita belajar agar bertingkah laku sopan santun kepada orangtua. Dan bisa menjadi pembelajaran buat siapapun untuk bisa memiliki rasa hormat. 

Sehingga bisa dijadikan contoh untuk masyarakat Kuningan agar terus memberikan semangat baru dalam menjalankan kehidupan.

Acep juga mengucapkan, terima kasih kepada keluarga para mantan bupati yang telah bersedia menerima kunjungan dari Pemerintah kabupaten Kuningan.

“Kegiatan berziarah ini merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahunnya, dalam rangka menyambut HUT Kuningan,” jelasnya.

Untuk pemimpin doa Kepala MUI Kabupaten Kuningan, K.H. Azis Ambar Nawawi, ziarah ini dengan berdoa semoga para sesepuh Mulia di sisi Allah karena bagitu banyak kebaikan yang mereka tebarkan. 

Hal ini dapat menumbuhkan bagi kita untuk lebih memanfaatkan sisa hidup ini. Dengan memperbanyak amal sebagai bekal kita nanti. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Jelang Harjad, Bupati Berdoa di Makam Sesepuh Kuningan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus