Goweser Radar Cirebon Fun Bike Tempuh 51 Kilometer

CIREBON - Endang Asih, Warga Perumahan Nuansa Majasem tak bisa banyak berkata-kata. Wajahnya kaget dan puncat tapi hatinya bahagia. Dia bersujud syukur di depan panggung, setelah namanya disebut menjadi pemenang undian Sepeda Motor NMax dalam acara Radar Cirebon Fun Bike Gowes Pesona Nusantara 2017, Minggu (27/8). 
Penyerahan air dan tanah Witana di acara Radar Cirebon Fun Bike Gowes Pesona Nusantara. Foto: Ilmi/Radar Cirebon
Motor seharga sekitar Rp25 juta itu pun berhak dia bawa pulang. "Saya gak nyaka dan gak menduga awalnya gak ada mimpi apapun seperti dapat durian runtuh," ucap Wanita yang juga Guru di SMAN 4 Kota Cirebon itu. 
Acara Radar Cirebon Fun Bike Gowes Pesona Nusantara 2017 sendiri diikuti lebih dari seribuan peserta. Gowes dibuka langsung oleh Walikota Cirebon, Nasrudin Azis disaksikan oleh Staff Khusus Kemitraan dan Harmonisasi Kemnpora RI, Anggia Elmarini Kepala Disporabudpar Dana Kartiman dan CEO Radar Cirebon Group H Yanto S Utomo. 

Rutenya menempuh jarak sekitar 51 kilometer, dimulai dari Graha Pena Radar Cirebon menuju Jalan Kalitanjung, Jalan Evakuasi, Jalan Kesambi, Jalan dr Sudarsono, Jalan Pemuda hingga finish di Stadion Bima Cirebon.
Antusiasme para gowesers sendiri sudah mulai menyemarakkan Graha Pena Radar Cirebon Jalan Perjuangan sejak pagi hari. Mereka berdatangan satu per satu. Sebelum dimulai, peserta melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan senam gowes pesona nusantara. 

Event ini memang menggabungkan dua moment penting. "Radar Cirebon Fun Bike ini untuk memperingati HUT Kemerdekaan, dan juga menjadi rangkaian Gowes Pesona Nusantara di Kota Cirebon yang nantinya akan ditutup di Magelang dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional," tutur GM Radar Cirebon, Syahbana.
Tak hanya itu, event ini juga menjadi salah satu ajang promosi budaya melalui olahraga. Di Cirebon, Gowes Pesona Nusantra ini diwarnai dengan tarian topeng Cirebon. 

Juga penyerahan air dan tanah Witana yang berasal dari kompleks keraton Kanoman yang akan dibawa dan dikumpulkan di Magelang saat puncak acara Hari Olahraga Nasional. 

Cirebon sendiri menjadi kota/kabupaten yang ke-25 digelarnya event Gowes Pesona Nusantara. Dimana event ini juga melewati sekitar 116 Kota/Kabupaten dari 34 provinsi.
"Dalam event ini kita juga lebih mempromosikan budaya nusantara karena setiap titik etafe ada budaya-budaya yang ditampilkan dan itu adalah budaya yang coba kita satukan," tukas Staf Khusus Kemitraan dan Harmonisasi, Anggia Elmarini. 

Dia menerangkan, Gowes Pesona nusantara ini juga bertujuan membudiayakan ayo berolahraga, melalui sepeda. Gowes sepeda ini punya nilai-nilai yang komplit, selain sehat juga ada rekreasinya, dan rasa gembira yang dirasakan masyarakat. 
Menurutnya, rangkaian even ini mulai dari sabang ke magelang, dan juga merauke ke magelang. Dimana dalam acara puncak untuk memperingati Hari Olahraga Nasional 9 September, mendatang. Juga dalam menyambut event Asian Games, dimana Indonesia menjadi tuan rumah untuk tahun 2018. 

"Kita sangat berharap melalui gerakan ayo olahraga ini, terutama sepeda bisa jadi satu pilihan masyarakat. Pilihan olahraga dan juga pilihan transportasi," katanya. Karena dengan bersepeda, selain sehat juga ramah lingkungan. Masyarakat bisa bersama keluarga menikmati bersepada bersama. 

Dia juga berharap event Gowes Pesona Nusantara ini bisa meninggalkan bekas di setiap daerah yang disinggahinya. "Kita berharap kabupaten atau kota yang kita lalui pun nantinya punya kebijakan untuk bersepda bersama. Sehingga masyarakat bisa lebih sehat bisa lebih produktif," katanya.
Anggia sendiri menyebutkan, Acara Gowes Pesona Nusantara ini bakal menjadi program prioritas dari Kemenpora untuk digelar setiap tahun. Tentu saja dengan konsep yang diperbaiki dan disempurnakan. 

Sehingga, mampu menggerakan masyarakat untuk berolahraga. "Setiap tahun kemenpora akan memprioritaskan program gowes Pesona nusantara mungkin konsepnya akan diperbaiki atau disempurnakan. Namun promosi untuk tetap bersepeda juga akan kita lakukan," tuturnya.  
Walikota Cirebon, Nasruddin Azis  mengaku, bangga rangkaian Gowes Pesona Nusantara ini juga singgah di Cirebon. Dia menyambut event tersebut agar masyarakat cirebon bisa lebih menyukai olahraga terutama sepeda. 

"Saya sangat mendukung, gerakan ayo olahraga. Sebab kita perlu menjadi sehat agar selalu riang gembira menyongsong masa depan," katanya. 
Azis berharap agar kegiatan ini mampu motivasi masyarakat bisa berbuat terbaik bagi bangsa dan negara. Hal itu juga mengingat Indonesia akan menjadi Tuan rumah Asian Games 2018, mendatang. 

Sehingga dengan budaya berolaharga, masyarakat bisa sehat dan juga mampu mengukir prestasi dalam bidang olahraga. (jml)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Goweser Radar Cirebon Fun Bike Tempuh 51 Kilometer"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...