Atlet Asal Desa Cikadu Sumbang Emas di Sea Games

KUNINGAN - Kesabaran atlet atletik putri Indonesia Eki Febri Ekawati untuk terus disiplin berlatih selama 10 tahun berbuah manis dengan torehan medali emas SEA Games 2017. 
eki febri ekawati juara di sea games malaysia
Eki Febri Ekawati menunjukan medali emas Sea Games Malaysia. image by youtube.com
Atlet yang tak diunggulkan ini menjadi yang terbaik pada nomor perlombaan tolak peluru putri yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia.

Putri dari pasangan Sudiaman SIP pegawai rumah sakit dan N Sartini ini, mengaku terinspirasi legenda bulu tangkis dalam memupuk kesabaran dalam berlatih. 

"Saya ingat pelatih bulu tangkis Christian Hadinata pernah mengatakan kepada saya bahwa dia butuh 10 tahun untuk berlatih sebelum menjuarai All England. Tahun ini tepat 10 tahun saya sebagai atlet tolak peluru," tutur Eki.

Eki meraih medali emas nomor tolak peluru putri cabang atletik SEA Games ke-29 dengan catatan jarak lemparan peluru sejauh 15,39 meter. Medali emas yang diperoleh oleh atlet asal Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang Kabupaten ini melengkapi torehan medali emas yang ke 22 untuk Indonesia.

Pencapaian jarak Eki itu adalah lemparan pertama dan hanya selisih enam sentimeter dari lemparan atlet putri Thailand Areerat Intadis yang meraih jarak 15,33 meter pada lemparan keenam. Kemudian atlet tolak peluru lain Thailand Sawitri Thongchao meraih medali perunggu dengan jarak lemparan sejauh 14,26 meter.

"Perlombaan tadi berjalan lancar, hanya saya sedikit gugup pada lemparan terakhir karena atlet Thailand punya lemparan yang jauh. Saya justru terkena diskualifikasi pada lemparan terakhir padahal bisa dapat hasil lebih jauh," ujarnya.

Eki mengaku puas dengan pencapaian dalam SEA Games kedua yang diikutinya setelah pada SEA Games 2011 di Indonesia hanya meraih urutan kelima.

"Ini adalah ajang pembuktian saya selama berlatih di Bandung bersama pelatih. Pada 2013 dan 2015 saya tidak dikirim padahal mungkin bisa," kata Eki.

Atlet berusia 25 tahun itu mengaku akan memperbaiki catatan lemparan pribadinya demi persiapan mengikuti Asian Games 2018.

"Saya akan mengikuti kejuaraan terbuka khusus nomor lempar di Korea Selatan pada 2-3 September. Saya akan berangkat pada 31 Agustus," ujar Eki.

Sementara itu, Ketua PASI Kabupaten Kuningan Nana Sugiana SE MSi mengaku bangga atas torehan prestasi yang diraih oleh atletnya Eki Febri Ekawati, medali emas ini merupakan kado terindah dan istimewa untuk HUT Kuningan ke 519 tanggal 1 September mendatang.

“Sulit untuk diungkapkan, doa PASI dan masyarkat Kuningan terkabul atas apa yang telah diraih oleh Eki Febri Ekawati,” katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, dirinya mengaku bangga bahwa atlet asal Kabupaten Kuningan berhasil meraih medali emas diajang yang bergengsi yakni Sea Games. 

Ini merupakan aset yang berharga yang dimiliki oleh Kabupaten Kuningan yang telah mengharumkan Indonesia di ajang Sea Games. “Saya sudah berkoordinasi dengan KONI, kami Pemkab Kuningan akan memberikan apresiasi kepada Eki,” kata Bupati. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Atlet Asal Desa Cikadu Sumbang Emas di Sea Games"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus