Akhirnya, Gerindra Gabung ke KCM

CIREBON – Koalisi Cirebon Maju (KCM) yang digawangi Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) baru berusia dua hari terhitung kemarin. 
poros pengusung petahana di pilwalkot cirebon bertambah
Petinggi Gerindra bertemu dengan KCM. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Namun demikian, poros koalisi yang akan mengusung petahana Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2018 itu laris manis.
Bila Partai Amanat Nasional (PAN) baru sebatas menyampaikan niat secara lisan untuk bergabung dengan KCM, langkah lebih lebih progresif ditunjukkan Partai Gerindra. Rabu (9/8) kemarin, Ketua DPC Partai Gerindra, H Eman Sulaeman menyatakan, pihaknya akan bergabung dengan KCM.
Kepastian itu disampaikan Eman kepada sejumlah wartawan, usai menemui Walikota Azis, di kantor sementara setda di kawasan Bima. Eman menemui Azis bersama beberapa elit lainnya DPC Partai Gerindra dan ditemani juga Ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso.

“Ke sini (kantor walikota, red) untuk memantapkan. Karena Partai Gerindra dipastikan bergabung dengan KCM,” ungkap Eman.

Ia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan Partai Gerindra memutuskan bergabung dengan KCM untuk melangkah ke Pilwalkot 2018 mendatang. 

Diakui Eman, antara Partai Gerindra dengan parpol yang ada di KCM sudah membangun komunikasi politik sejak jauh-jauh hari. Ada chemistry yang terbangun antara mereka.

“Melihat irisan di atas juga‎ sama. Hubungannya mesra, misalnya antara Pak SBY dan ‎Pak Prabowo. Sehingga ini menjadi sinyalemen untuk bersama-sama di daerah. Apalagi kita akan menghadapi pilkada secara serentak. Kalau irisannya sama atau linear, tidak terlalu beresiko capek,” tuturnya.

Politisi yang juga mantan anggota DPRD Kota Cirebon periode 2009-2014 itu mengatakan, untuk penandatanganan kesepakatan bersama KCM akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Mengenai proses penjaringan yang tengah berlangsung, Eman menegaskan, tetap berlanjut.

“Kita inginnya dalam waktuv dekat untuk tandatangan kesepakatan. Tidak masalah mengenai penjaringan. Mekanisme penjaringan di kita tetap berjalan. Apalagi Pak Azis menyampaikan, untuk mengusung calon oleh KCM acuannya survei bersama,” kata dia.

Setelah penandatanganan kesepakatan nantinya, lanjut Eman, pihaknya siap mengikuti aturan main yang disepakati bersama oleh KCM. 

Misalnya, secara bersama-sama menghadap ke kepengurusan masing-masing parpol KCM di tingkat provinsi dan pusat. 

“Kita juga akan langsung komunikasikan (ke DPD dan DPP) bahwa di sini sudah tercapai kesepakatan,” katanya.

Di sisi lain, saat ditanya mengenai riak-riak penolakan untuk berkoalisi dengan petahana yang disuarakan Sekretaris DPC Partai Gerindra, H Heru Cahyono MESy, Eman tak risau. 

Menurutnya, Heru berpendapat secara personal, bukan atas nama Partai Gerindra. “Itu hanya pendapat pribadi. Tapi dia tetap di Partai Gerindra. Tidak masalah,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS, H Karso mengatakan, antara pihaknya dengan Partai Gerindra sudah terbangun komunikasi yang bagus. Makanya PKS mengapresiasi langkah Partai Gerindra yang bergabung dengan KCM.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita akan mengadakan penandatanganan. Pekan ini kita persiapkan. Setelah resmi, berarti KCM bertambah satu partai. Kemudian kita akan safari ke masing-masing pengurus partai di tingkat provinsi dan pusat secara bersama-sama,” kata Karso.

Selain itu, Karso juga menyinggung soal keinginan PAN untuk ikut bergabung dengan KCM. Diakuinya, PAN tak berbeda jauh dengan Partai Gerindra, intens berkomunikasi dengan PKS. Karso meyakini, PAN akan masuk ke KCM dalam waktu dekat.

“PAN sudah intens dengan koalisi kami untuk melakukan hal yang sama dengan Partai Gerindra. Tinggal menunggu momentumnya saja. Karena ketuanya sedang ke luar kota. Paling setelah penandatanganan dengan Partai Gerindra, atau bisa jadi berbarengan,” katanya. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Akhirnya, Gerindra Gabung ke KCM"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...