1.500 Aparat Gabungan Amankan Pilkades

KUNINGAN – Persiapan keamanaan dalam Pilkades serentak sudah disiapkan. Hal tersebutlah yang harus diperhatikan pihak keamanaan yakni Kepolisian Kuningan. Apalagi, dari data dihimpun sebanyak 93 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, 6 Agustus nanti, terdapat sekitar 61 desa yang tergolong rawan konflik.
ribuan aparat gabungan kuningan amankan pilkades
Aparat gabungan siap amankan pilkades di Kuningan. Foto: Gilang/Rakyat Cirebon
Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Operasional Polres Kuningan Kompol Erawan Kusmayadi. Dia mengatakan, dari jumlah tersebut terbagi dalam dua kategori, yaitu kondisi rawan 1 ada 36 desa dan 27 desa lainnya termasuk ke dalam daerah rawan 2.

Sedangkan sisanya dikategorikan aman. Oleh karena itu, Polres Kuningan akan menempatkan anggotanya sekitar enam orang untuk mengawasi jalannya proses pemilihan. Mulai dari tahapan pendaftaran, seleksi, masa kampanye, masa tenang, hingga pada saat pelaksanaan Pilkades dan penghitungan suara.

“Nantinya setiap desa yang masuk kategori kerawanan 1 dan 2 akan dijaga oleh empat hingga enam orang anggota polisi. Tergantung dari tingkat kerawanannya. Kami juga dibantu aparat dari TNI, Satpol PP dan Linmas untuk tambahan kekuatan,” ujar Erawan, Jumat (04/08).

Polres Kuningan lanjut Erawan, telah mempersiapkan sebanyak 650 personel anggotanya yang siap diterjunkan untuk mengawal jalannya Pilkades Serentak di Kabupaten Kuningan pada tanggal 6 Agustus 2017 mendatang.

Pada kegiatan sandi operasi Pamong Linggar 2017 dalam rangka pengamanan Pilkades serentak tersebut juga akan dibantu personel dari Brimob Polda Jabar sebanyak 1 satuan setingkat kompi (SSK) juga personil TNI, Satpol PP dan Linmas sehingga jumlahnya mencapai 1.500 personil lebih.

“Sebagai bentuk kesiapan, kami telah melakukan simulasi pengamanan di lingkungan Polres Kuningan. Dan mulai hari Jumat (28/07) kemarin, kami mulai melakukan pergeseran pasukan (Serpas) agar setiap anggota menempati tempat tugasnya masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, pihak kepolisan juga sudah memerintahkan setiap anggota di sektor atau Polsek, untuk melakukan simulasi dengan para linmas dalam menghadapi Pilkades serentak.

Erawan pun memastikan kesiapan seluruh personel akan mengamankan jalannya Pilkades serentak di Kabupaten Kuningan mendatang dan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta menjaga kondusifitas dan melaksanakan proses Pilkades di wilayahnya masing-masing secara demokratis, jujur dan adil.

“Kami berharap kepada para calon kepala desa dan simpatisannya agar dapat melaksanakan komitmen deklarasi damai yang menyatakan setiap calon siap kalah dan siap menang. Menjadi kewajiban semua pihak untuk menjaga pelaksanaan Pilkades serentak ini agar berjalan sukses dan aman,” pungkasnya. (gio)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "1.500 Aparat Gabungan Amankan Pilkades"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...