Sunjaya Optimis Menang

CIREBON - Ketiadaan sosok yang mengalahkan hasil survei Bupati Cirebon DR H Sunjaya Purwadisastra MM Msi, membuat calon dari petahana makin optimis. Kepada para wartawan,  akhir pekan lalu, Sunjaya yakin dirinya akan memenangkan Pilbup Cirebon 2018. 
dpd pdip jabar keluarkan hasil survei awal pilbup cirebon
Sunjaya mengangkat jempol saat bersama Mustofa.  dok. Rakyat Cirebon
Berdasarkan hasil survei awal yang digelar oleh DPD PDIP Jawa Barat terhadap bakal calon bupati menyatakan Sunjaya berada di atas angin dibandingkan bacabup lainnya. 

Hasil survei menyatakan Sunjaya unggul di angka 57,2 persen, diikuti bacabup dari PKB yaitu Mohammad Lutfi dengan hasil survei 11 persen, kemudian di bawah Lutfi ada bacabup dari Partai Demokrat yaitu H Nurul Qomar dengan hasil survei 9 persen serta musisi Cirebon Charly Van Houten (Setia Band) dengan angka 8 persen. 

Di bawah Charly berturut-turut ada Ketua DPC PDIP H Mustofa dengan hasil survei 5 persen, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Yayat Ruhyat serta anggota DPRD dari Fraksi PDIP Dian Hernawa Susanti dengan hasil survei 2 persen.

Sementara hasil simulasi survei ini jika ada dua pasangan calon, Sunjaya akan tetap memenangkan pemilihan bupati yang akan digelar pada Juni 2018 tersebut. Margin of eror dari survei ini maksimal di angka 5 persen. Menurut Sunjaya, dengan hasil survei seperti ini dirinya memang saat ini hanya tinggal mencari bakal calon wakil bupati.

“Angka 57,2 persen hasil survei ini berdasarkan survei terhadap pribadi saya, belum bersama partainya. Sementara kalau diusung bersama PDIP nya maka akan bertambah 6 persen, sehingga total untuk survei diri saya dengan partai mencapai 63,2 persen. Begitupun Pak Mustofa dari hasil survei terhadap dirinya ada 5 persen, maka jika digabung dengan partai maka akan menghasilkan 11 persen,” ujar Sunjaya.

Menurut Sunjaya, hasil survei ini diungkap oleh DPD PDIP Jawa Barat pada Jumat (21/7) lalu di hadapan seluruh bacabup dan bacawabup dari PDIP di Bandung. “Semua bacabup dan bacawabup hadir, termasuk sayapun hadir,” ujarnya.

Sementara itu, hasil survei terhadap PDIP pun meningkat. Jika pada Pilbup 2013 lalu survei menyatakan PDIP di angka 22 persen, maka saat ini PDIP berada di angka 33 persen. 

Menurut Sunjaya, hal ini akan berimbas pada keberadaan kursi di DPRD. Jika pada pemilihan legislatif kursi PDIP di DPRD Kabupaten Cirebon ada 11 kursi, maka dengan angka 33 persen kursi di PDIP bisa bertambah antara 15 hingga 16 kursi.

“Perlahan kepercayaan masyarakat terhadap PDIP terus meningkat. Begitupun dengan kepercayaan masyarakat terhadap saya sebagai petahana ternyata positif, sebab survei untuk diri saya saja ada di angka 57,2 persen,” katanya.

DPD PDIP Jawa Barat pun berturut-turut merilis hasil survei terhadap kinerja Sunjaya dalam memimpin Kabupaten Cirebon. Dari sisi keamanan hasil survei berada di angka 60 persen, begitupun dari sisi sosial dan budaya yang mencapai 60 persen, hanya bidang perekonomian saja yang berada di bawah 60 persen namun masih di atas 50 persen.

“Menurut tim survei, jika ingin memenangkan pilbup maka harus ada selisih minimal 30 persen antara nomor urut 1 dengan nomor urut 2. Jarak aman di angka 30 persen itu. Jadi, DPP PDIP hanya tinggal mencari sosok wakil bupati saja,” ungkapnya.

Saat ditanya siapa lawan terberatnya, Sunjaya mengatakan jika seluruh bacabup yang akan ikut perhelatan pilbup merupakan lawan terberat.

“Meski hasil survei saya tinggi tapi bagi saya seluruh bacabup lainnya merupakan lawan berat, tidak ada yang enteng,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon H Mustofa mengatakan, saat silaturahmi bersama DPD PDIP Jawa Barat beberapa waktu lalu, nama Sunjaya memang berada di atas angin untuk hasil survei sementara. “DPD memang menyatakan survei Pak Sunjaya tinggi, namun survei akan terus berjalan,” ujarnya.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Sunjaya Optimis Menang"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...