Stok Melimpah, Pedagang Terpaksa Banting Harga

PEKALIPAN – Meski harga sejumlah bahan pangan pokok di pasar induk Jagatru Kota Cirebon terus mengalami penurunan. Namun, tak mampu mendongkrak daya beli masyarakat.
harga bahan pangan pokok di pasar jagastru cirebon anjlok
Aktivitas di pasar Jagasatru Kota Cirebon. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Salah satu satu pedagang bawang merah, Malika menjelaskan, harga bawang saat ini Rp17 ribu per kilogram atau turun Rp3 ribu dari harga semula. Penurunan harga murni karena kurangnya daya beli masyarakat terhadap berbagai kebutuhan pangan pokok.

“Harga bawang sekarang Rp17 ribu sedang turun. Sebelumnya Rp20 ribu bisa. Pasokanya sendiri aman,” ungkap Malika kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Pedagang setempat lainya, Ibay mengatakan, selain bawang, berbagai jenis cabai juga turut mengalami penurunan harga. Misalnya, cabai rawit hijau menjadi Rp10 ribu dari harga sebelumnya Rp15 ribu per kilogram. Cabai merah kriting menjadi Rp16 ribu dibanding harga semula Rp20 ribuan.

“Cabai merah Rp14 ribu dan cabai hijau kecil Rp14 ribuan per kilogram. Semuanya, lagi turun harga,” ujar Ibay.

Hal senada juga disampaikan Yanti. Sejak beberapa hari terakhir, dagangannya cenderung sepi. Bahkan, Yanti mengurangi  pasokan stok cabai yang dijual di kiosnya. Rata – rata dalam sehari Yanti mampu menjual 2 ton  cabai berbagai  jenis. Ia hanya mampu menjual 1 ton saja.

Yanti mengaku, cabai rawit merah yang biasanya dijual di atas Rp50 ribu kini Yanti jual Rp45 ribuan saja. Harga tersebut sudah termasuk  rendah untuk jenis cabai yang dipasok dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur itu. Untuk jenis cabai rawit merah Yanti hanya mampu menjual 1 kwintal saja dalam sehari.

“Cabai rawit merah sempat turun Rp40 ribu sekarang Rp45 ribuan. Sehari paling jual 1 kwintal saja,” ujarnya.

Yani menjelaskan sepinya pembeli membuat stok cabai banyak dijual over ke pasar – pasar lain. Selain itu, sepinya pembeli juga membuat sejumlah pedagang  pasar berani banting harga untuk mengejar penjualan agar barang cepat terjual.

Dari pantauan wartawan koran ini, aktivitas jual beli di Pasar Jagasatru masih terbilang normal. Tidak ada penumpukan pasokan salah satu bahan makanan pokok yang berlebih. Dari sejumlah bahan yang dijual, bawang putih termasuk yang dijual dengan harga tinggi yakni Rp50 ribu per kilogram. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Stok Melimpah, Pedagang Terpaksa Banting Harga"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...