Semua Angkot Masuk Terminal Dukuhsemar

HARJAMUKTI – Terminal Dukuhsemar yang berlokasi di belakang Terminal Harjamukti, kondisinya masih sepi. Tapi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon sudah menyiapkan skema untuk meramaikan lagi terminal tipe-C itu. Rencananya, semua angkutan kota (angkot) akan keluar-masuk terminal itu.
dishub kota cirebon siapkan skema untuk dukuhsemar
Terminal Dukuhsemar Kota Cirebon. dok. Rakyat Cirebon
Kasi Angkutan Orang Dalam Trayek Bidang Angkutan dan Multimoda Dishub Kota Cirebon, Yanto Budiarto mengaku, pihaknya telah mengaspal Terminal Dukuhsemar pada triwulan kedua 2017 lalu dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp100 juta.

"Kami juga berencana akan memperbaharui semua jaringan trayek kewenangan Dishub Kota Cirebon. Jadi angkot D1 sampai D10 harus masuk ke Terminal Dukuhsemar," ungkap Yanto.

Dia menambahkan, ada sekitar 979 unit angkot yang punya izin, tapi yang beroperasi diperkirakan sekitar 700 unit angkot, dari D1 hingga D10. 

Kedepan, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Barat agar angkot Gunungsari-Sumber (GS), Gunungsari-Plered (GP) dan lainnya yang punya rute lintas daerah tetangga, bisa masuk juga ke Terminal Dukuhsemar juga.

"Jaringan trayek di Kota Cirebon sudah 20 tahun belum diperbaharui. Kami juga berencana akan ada penambahan rute Pamengkang-Harjamukti," kata dia.

Bersamaan dengan itu, kata Yanto, direncanakan juga akan ada pelebaran Jalan Dukuhsemar, karena jalan yang ada saat ini relatif sempit. 

Bahkan nanti rencananya akan dibuatkan akses antara Terminal Dukuhsemar dengan Terminal Harjamukti. "Dengan optimalisasi terminal ini, diharapkan bisa menambah PAD dari sisi retribusi," katanya.

Sementara itu, Dishub Kota Cirebon juga telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp200 juta rupiah untuk memperbaiki Terminal Dukuhsemar. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pembuatan perkantoran, penerangan jalan umum (PJU), dan pengaspalan jalan.

"Terminal tipe-C ini akan dimanfaatkan secara optimal. Minimalnya angkot bisa masuk ke Terminal Dukuhsemar, sehingga bisa mendapatkan PAD dari sana," kata Atang. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Semua Angkot Masuk Terminal Dukuhsemar"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...