Memasuki Musim Tanam Ketiga, Petugas Awasi OPT

MAJALENGKA - Petugas pengamat organisme pengganggu tanaman (OPT) yang tersebar di setiap kecamatan akan menyelidiki hama yang menyerang tanaman padi pada musim tanam ketiga tahun ini. Hama ini jelas akan mengganggu dan mengakibatkan kurangnya produktivitas serta kualitas padi.
dinas pertanian majalengka sebar pengamat hama tanaman
Petani Majalengka panen padi. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Taham. Pihaknya saat ini telah menerjunkan petugas pengamat OPT yang ditempatkan di masing-masing satu kecamatan satu orang ini mengindikasikan jika hama tersebut sejenis wereng.

"Peralihan musim yang masih terjadi, mengakibatkan lahan pertanian di Sumberjaya, Ligung, Jatitujuh dan Kertajati diserang hama," ungkap Taham, Jumat (28/7).

Menurutnya, memasuki masa tanam MT ketiga ini para petani relatif hanya menanam palawija. Kecuali di sebagian wilayah kecamatan Jatitujuh, beberapa petani kembali menanam padi terutama disekitar sungai Sindupraja dan Cimanuk.

“Sebagian petani masih mengandalkan air dari aliran sungai bendungan rentang. Itu memang disesuaikan dengan dekatnya sumber mata air, atau bendungan. Sementara di wilayah lain jauh dari bendungan," jelanya.

Taham menuturkan, jika kondisi ini belum berpengaruh terhadap produktivitas capaian tahun ini. Pasalnya, jika melihat dari angka capaian luas tanam dari target satu tahun seluas 134 ribu hektare sudah tercapai 74 ribu hektare di Oktober hingga Maret. Sementara pada April sampai Juli sudah mencapai 37 ribu hektare. 

“Kami masih memiliki utang capaian diangka 23 ribu hektare lagi. Jumlah ini  bakal tercapai karena adanya luas tambah tanam (LTT) hingga bulan September nanti,” kata Taham.

Ia menjelaskan, jumlah LTT tersebut bagi para petani di beberapa wilayah selatan diantaranya Leuwimunding, Rajagaluh, Sindang serta wilayah Majalengka selatan lainnya. Sebab di wilayah tersebut para petani kembali menanam padi. 

"Artinya, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini diyakini bakal menambah sebagaimana target di tahun ini tercapai," pungkasnya. (hrd)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Memasuki Musim Tanam Ketiga, Petugas Awasi OPT"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...