Pemkab Cirebon Sukses Gelar Heritage

CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun internasional. Selain mengembangkan tempat wisata yang ada, pemkab juga melaksanakan karnaval tahunan yang diikuti oleh beberapa daerah.
cirebon heritage
Cirebon Heritage meriah. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon
Bertempat di jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Pemkab sukses menggelar karnval dengan mengusung tema “Cirebon Heritage: Magnificient of Paksi Nagaliman”, Minggu (14/5). 

Karnaval serupa juga pernah digelar pada 2016 dengan tema topeng. Kereta Paksi Nagaliman sendiri merupakan kereta asli dari Cirebon. Kereta kerjaan ini, menggambarkan tiga kekuatan besar. Yakni, burung, naga dan gajah yang terdapat dalam ornament kereta raja tersebut.

Pantauan Rakcer, setidaknya ada tiga daerah yang ikut serta mengirimkan rombongan dalam karnaval. Disamping Kepulauan Riau, terdapat Surakarta dan Solo yang juga menerjunkan talent-nya dalam karnaval Cirebon ini.

Selain itu, antusias masyarakat Kabupaten Cirebon juga sangat terlihat saat pelaksanaan. Walaupun dimulai pada pukul 13.30 WIB, masyarakat sudah memenuhi area penonton sejak pukul 11.00 WIB.

Bukan hanya itu saja, talent dalam karnaval ini mengikutsertakan warga  dan pelajar asli dari Kabupaten Cirebon. Mereka berupaya menampilkan hasil karya terbaiknya untuk diundi sebagai juara kostum terbaik.

Bupati Cirebon, DR H Sunjaya Purwadisastra MM MSi kepada wartawan usai kegiatan merasa, bangga telah berhasil melaksanakan karnaval tersebut. Menurutnya, banyak hal positif yang bisa diambil dari kegiatan tersebut.

“Kita akan menarik perhatian wisatawan dengan karnaval ini. Selain itu, kita juga mencoba melestarikan kesenian maupun adat yang kita miliki. Salah satunya adalah warisan leluhur berupa kereta Paksi Nagaliman ini. Kita perkenalkan kepada masyarakat mengenai kereta ini agar terus lestari,” tegas bupati.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga berjanji akan memperbaiki semua kekurangan yang masih terjadi dalam pelaksanaan karnaval tahun ini. Termasuk juga pemilihan wilayah, bupati tidak menutup kemungkinan karnaval digelar di wilayah lain di Kabupaten Cirebon.

“Kita akan menerima masukan dan kritikan agar pelaksanaan karnaval kedepan lebih baik dan lebih disukai oleh masyarakat. Untuk wilayah timur, bisa saja dilaksanakan disana karena disana juga masih wilayah Kabupaten Cirebon,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kabupaten Cirebon, Drs H Hatono MM mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan karnaval tahun ini. Menurutnya, kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan pihak lain.

“Terima kasih atas partisipasi semua pihak. Kita berharap karnaval ini dapat memberikan manfaat baik bagi Kabupaten Cirebon maupun masyarakat Indonesia pada umumnya,” singkat Hartono.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Pemkab Cirebon Sukses Gelar Heritage"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus