Perajin Figura Kebanjiran Order Kaligrafi

KEJAKSAN – Sejak lama, kawasan jalan Sukalila Kota Cirebon  menjadi sentra produksi dan penjualan figuran terbesar di Kota Cirebon. Ada 60 kios  figura di kawasan tersebut yang menawarkan beragam bentuk dan model figura. Mulai dari figura foto, lukisan, hingga kaligrafi.
Produk perajin figura Kota Cirebon diincar wisatawan
Kawasan  figura Kota Cirebon. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon

Salah satu  perajin  sekaligus pemilik kios Rizky Figura, Andri Darmawan menjelaskan,  di antara produk figura yang paling laris diburu adalah figura lukisan dan kaligrafi. Dua komoditas itu menjadi incaran wisatawan sebagai oleh-oleh dari Cirebon saat musim liburan.

“Pelanggannya dari wialayah III Cirebon. Kalau musim nikahan banyak yang pesan foto, kalau musim liburan dari luar kota sebagian besar pesannya kaligrafi dan lukisan,” ungkap Andri kepada Rakyat Cirebon,  kemarin.

Ia menjelaskan, di kios miliknya, berbagai macam dan ukuran figura dapat di bawa pulang dengan harga kompetitif. Hanya saja jika pembeliannya dalam jumlah banyak, biasanya, Andri memberlakukan harga diskon. “Kalau beli banyak bisa diskon 20 persen, minimal satu lusin,” ucapnya.

Sementara untuk jenis lukisan yang paling diminati adalah dari jenis lukisan  pemandangan alam, dan lukisan hewan. Sedangkan untuk kaligrafi biasanya pelanggan figura lebih tertarik membeli kaligrafi bertuliskan lafadz Allaf, Muhammad, serta surat atau ayat pendek.

“Kalau kaligrafi ayat kursi, ayat 1000 dinar, bismillah, lafadz Allah. Untuk yang  lukisan itu biasanya gambar ikan koi, benua dan pemandangan, “ ujarnya.

Berjualan di tengah banyaknya perajin figura yang lain, kios figuran milik Andri memiliki keunggulan tersendiri. Yakni, pemilihan bahan figura yang terbuat dari fiber. Fiber  lebih cenderung tahan lama dan  anti rayap. Sedikit dipoles bahan fiber tak kalah menarik dari bahan kayu.

“Figuranya berbahan fiber semuanya lebih bagus, tahan lama, anti rayap. Kalau kayu cepat pudar warnanya. Harganya untuk ukuran 5 R Rp10 ribu,  24 R dibandrol Rp200 ribu. Kalau kaligrafi paling ukuran 40x60 harganya Rp100 ribu sampai ukuran 60x90 harganya Rp400 ribuan,” jelasnya.

Sementara untuk lukisan, kata dia, harga per itemnya sangat bergantung pada nilai seni lukisan dan tingkat kerumitan lukisan. “Khusus lukisan standar, saya jual Rp125 ribuan,” imbuhnya. (wan/mgg)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Perajin Figura Kebanjiran Order Kaligrafi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...