Enam Desa Diterjang Banjir Bandang

Sejumlah Rumah Rusak Berat, Sebagian Warga Mengungsi
  
KUNINGAN - Hujan deras mengakibatkan air Sungai Cijangkelok merendam sedikitnya enam desa di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, Minggu (22/1). Enam desa itu adalah Desa SindangJawa, Cipondok, Sukaharja, Cibingbin, Citenjo, dan Desa Dukuhbadag.
Kecamatan Cibingbin Kuningan terendam banjir
Kecamatan Cibingbin Kuningan terendam banjir. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon 

Banjir mulai merendam permukiman penduduk sekitar pukul 16.30. Itu terjadi setelah Sungai Cijangkelok di Desa Cibinbing, meluap dan tak mampu menampung tingginya debit air dari hulu sungai. Akibatnya, enam desa di Kecamatan Cibingbin direndam banjir.

Ketinggian air di enam desa sekitar satu meter atau setinggi pinggang orang dewasa. “Kejadiannya sekitar pukul 16.30 tadi sore. Air dengan cepat naik, dan kemudian meluap. Tak lama kemudian memasuki dan merendam permukiman,” kata Aris, salahseorang warga Desa Cibingbin.

Menurut Aris, di dusunnya sebanyak sekitar 100 rumah terendam banjir. Kendati demikian, hingga kini warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Tidak ada kerugian material berarti, hanya perabotan rumah tangga seperti meja, kursi yang basah karena terendam.

Karena ketinggian air yang merendam rumah mereka mencapai 50-200 sentimeter, warga khawatir debit air semakin meningkat.

Sedangkan, di Desa Cipondok dan desa pinggiran sungai didapat informasi bahwa hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing yang ada di pinggiran sungai terbawa arus sungai.

“Ada yang mengungsi ke balai desa, tapi cuma sebagian kecil. Nanti kalau airnya semakin tinggi, kami ngungsi. Tapi kalau masih setinggi ini, kami bertahan di sini saja,” ujar Maskur yang rumahnya terendam banjir setinggi satu meter.

Untuk sementara, belum diketahui korban jiwa. BPBD Kabupaten masih melakukan pendataaan terhadap enam desa yang terkena banjir.

Sedangkan, warga yang rumahnya terenda banjir untuk sementara mengungsi di Simpang Citenjo Dukuhbadag, masuk dari Desa Sukamaju Kecamatan Cibingbin. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Enam Desa Diterjang Banjir Bandang"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus