Dikdik Resmi Jabat Rektor Baru Uniku

KUNINGAN – Dr H Dikdik Harjadi SE MSi akhirnya resmi menjabat Rektor baru Universitas Kuningan (Uniku) periode masa jabatan 2017-2020, Kamis (5/1).
pelantikan rektor uniku baru
Pelantikan rektor Uniku baru. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon

Melalui sidang terbuka Senat Uniku, Dikdik mengucapkan sumpah jabatan sebagai Rektor untuk kemudian dikukuhkan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs H Uri Syam SH MH.

Turut hadir dalam prosesi pelantikan yang bertempat di Gedung Student Centre Iman Hidayat kampus I Uniku tersebut, Bupati H Acep Purnama SH MH, Wabup Dede Sembada ST, Dewan Pembina, Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas YPSAK beserta jajarannya, Ketua Senat Uniku Fahmi Yusuf MMSi.

Seluruh civitas akademika Uniku mulai dari dosen dan staf tenaga kependidikan, para mahasiswa, para perwakilan sejumlah Perguruan Tinggi ternama serta undangan lainnya.

Rektor Uniku Dr H Dikdik Harjadi Msi dalam sambutannya usai dilantik mengatakan, hari tersebut merupakan hari yang bersejarah baginya karena telah dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Rektor baru Uniku masa jabatan 2017-2020.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota YPSAK serta segenap civitas akademika Uniku atas kepercayaan dan dukungan kepadanya sebagai Rektor.

“Tentu ini adalah amanah yang tidak ringan karena Uniku telah menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan. Terima kasih kepada semuanya, khususnya kepada pimpinan dan anggota Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan yang telah mempercayai saya sebagai Rektor Uniku,” tuturnya.

Menurut Dikdik, Uniku telah banyak mengahadapi dan melewati berbagai tantangan namun tetap dapat menempatkan diri sebagai Universitas yang menunjukkan progress yang positif.

Tantangan yang akan dihadapi 4 tahun ke depan menurutnya berbeda dengan tantangan diwaktu yang lalu. Tantangan kedepan kata dia, akan jauh lebih berat.

Namun demikian, dengan sekuat tenaga dirinya akan berupaya melaksanakan amanah dan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Saya bersama dengan seluruh pejabat di lingkungan Uniku, dosen dan karyawan bertekad untuk melanjutkan kejayaan Uniku yang telah dicapai pada periode kepemimpinan Bapak Dr H Iskandar MM selaku Rektor Uniku masa jabatan 2013-2016. Kami akan terus menguatkan jalinan kebersamaan dengan seluruh civitas akademika Uniku untuk membangun kampus ini menjadi kampus yang maju dan berdaya saing. Kami yakin dengan kebersamaan apa yang kita cita-citakan akan dapat terwujud,” paparnya.

Lebih lanjut Dikdik mengungkapkan, tantangan ke depan yang akan dihadapi dirasanya semakin berat.

Apalagi dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mau tidak mau dan suka tidak suka harus dihadapi semua warga Negara Indonesia tak terkecuali lembaga pendidikan seperti Uniku.

“Uniku akan terus menjaga dan terus meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu caranya adalah melalui peningkatan sarana prasarana serta menyiapkan dan menambah tenaga dosen professional yang bergelar doktor dan professor,” tekadnya.
Dijelaskan, saat ini Uniku memiliki 148 dosen tetap dengan rincian 123 dosen Magister dan 25 dosen bergelar doktor.
Pada saat ini pula, terdapat 41 dosen yang sedang melanjutkan studi jenjang doktoral. Pihaknya berharap dalam memasuki periode 2021-2024 nanti sesuai Rencana Induk Pengembangan (RIP) Uniku dapat tercapainya 50 persen dosen Uniku sudah berkualifikasi S3.
“Insya Allah tanggal 12 sampai 13 Januari tahun ini kita akan menandatangani MoU dengan 8 Perguruan Tinggi di Malaysia. Kemudian pada tanggal 18 Januari 2017 akan menandatangani MoU juga dengan salah satu Perguruan Tinggi di Thailand,” jelas Dikdik.
Sementara itu, Dr H Iskandar MM dalam sambutannya mengatakan, proses regenerasi Rektor tersebut merupakan salah satu estafet regenerasi kepemimpinan untuk penyegaran agar ada kepemimpinan yang baru.
Jabat Rektor Uniku yang disandangnya selama dua periode berturut-turut merupakan tugas yang tidak mudah karena pekerjaandan pengabdian untuk memajukan Uniku tak bisa dilakukan seorang diri, melainkan semua atas kerjasama dan kerja keras satu sama lain.
Sementara itu, Ketua YPSAK Drs H Uri Syam SH MH mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk mantan Rektor Uniku Dr H Iskandar MM serta mengucapkan selamat kepada Dr H Dikdik Harjadi Msi yang sudah resmi dilantik menjadi Rektor Uniku masa jabatan 2017-2020.
“Terima kasih Pak Iskandar atas dedikasi dan pengabdiannya selama dua periode memimpin Uniku dan selamat bekerja untuk Pak Dikdik selaku Rektor Uniku yang baru. Saya berharap semoga di kepemimpinan yang baru ini diharapkan Uniku bisa lebih baik dan lebih berkembang maju lagi ke depannya. Saya yakin dan percaya Pak Dikdik ini bisa mengemban amanah dan tanggung jawab dengan memimpin Uniku menjadi lebih baik dan lebih maju lagi,” harapnya.
Turut menyampaikan ungkapan selamat kepada Dikdik, Bupati H Acep Purnama SH MH. Dalam sambutannya pula, Acep menyampaikan pula ungkapan terima kasihnya kepada Iskandar yang telah mengabdikan diri sebagai Rektor hingga Uniku bisa berkembang saat ini.
“Saya berharap kedepan Uniku akan lebih maju dibawah kepemimpinan Rektor baru, Pak Dr H Dikdik Harjadi MSi. Mudah-mudahan Uniku juga tetap jaya,” harap Acep. (muh)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Dikdik Resmi Jabat Rektor Baru Uniku"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus