Pemuda Pancasila Siap Jawab Tantangan Zaman

Tarkim Sodorkan Delapan Pintu Strategis-Politis bagi Kader PP

SUMBER- Musyawarah Cabang Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Cirebon ke-10 akan dihelat 1 Oktober 2015 mendatang.  Ketua Majelis Pertimbangan (MPC) Organisasi Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon H Tarkim Hadi SH MM mengatakan, musyawarah cabang yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali telah dipersiapkan dengan seksama.
pemuda pancasila cirebon
H Tarkim Hadi SH MM. Doc.Rakyat Cirebon

Dikatakan Tarkim, dalam AD/ART Pemuda Pancasila (PP), sebagai komponen bangsa, kader harus siap untuk memimpin dan mampu membaca suasana kebatinan di suatu daerah. Apabila kondisi memungkinkan untuk mengambil kesempatan, lanjut Tarkim, harus meraihnya dengan cara terhormat dan menghindari cara kehinaan.

“Sejak awal masa bakti, saya telah mengluarkan maklumat perintah harian yakni bersatu, bersaudara, kompak, tanpa kekerasa dan tanpa darah,” tegasnya, kemarin. Ditegaskan Tarkim, dalam pembinaan terhadap seluruh anggota PP menitik beratkan kepada kecerdasan pikir adalah bagaimana cara pendang terhadap sistematika penyelesaian masalah, analisa masalah, logis dan pragmatisnya.

“Sedangkan keserdasan kalbu adalah pencerahan dengan tidak menghilangkan karakteristik Pemuda Pancasila secara umum tetapi mempertajam rasa, wenang, tunggal dan kepribadian yang teruji,” tuturnya. Untuk itu, jelas Tarkim, Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon siap menjawab tantangan masa depan. Dijelaskannya, Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon telah membaca situasi itu, dengan memunculkan delapan pintu strategis-politis untuk menjawab tantangan zaman.

Pertama, kata dia, hubungan ketua dan wakil ketua yang menunjukan keharmonisan hubungan dua aktor sentral yang sangat berpengaruh fundamental terhadap kelangsungan organisasi dan para anggotanya.  “Rusaknya kunci dan atau sleknya slot membawa fanatisme kelompok atau golongan, kaum perusak, kelompok interes lainnya atau kepentingan lain dan dapat menganggu program kelanjutan berikutnya,” tuturnya.

Yang Kedua, lanjutnya, musyawarah antar pimpinan dari setiap jenjang harus mengkomunikasikan program dengan jajarannya yaitu MPO, MPC, PAC, Koti, Satma, Srikandi, LBH Pemuda Pancasila dan komponen lain yang berada di bawahnya sehingga dapat menciptakan suasana daerah yang kondusif. Poin ketiga, kata Tarkim, hubungan dewan majelis yang disebut majelis pertimbangan organiasi dengan majelis pimpinan cabang bagaikan mata uang.

“Diminta atau tidak berkewajiban memberikan saran pendapat apabila dalam situasi kondisi organisasi yang tidak nyaman,” katanya. Poin keempat, sebut Tarkim, yakni dimensial keanggotaan Pemuda Pancasila lintas pebisnis, birokrasi, profesi, partai dan masyarakat umum. Sehingga, kader bisa mendorong kebijakan pemerintah daerah melalui pilar pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Kelima, sebut Tarkim, peran serta ulama dalam pencerahan di dalam masyarakat, khususnya keluarga besar Pemuda Pancasila memiliki arti sangat strategis menciptakan suasana aman, nyaman, hidup menjadi indah menuju masyarakat yang baldatun toyyibatun warabbun ghofur.

“Keenam yakni menjalin hubungan yang baik dengan mitra media massa cetak dan elektronik, para insan pers untuk menyuarakan program ke tengah-tangah masyarakat luas sekaligus sebagai filter pembangunan menghindari laju yang melenceng kekanan dan kekiri,” bebernya. Selain itu, lanjut Tarkim, poin ketujuh adalah mempererat Ikatan persahabatan sesama komponen bangsa atau daerah OKP, LSM, Ormas dan komponen lainnya.

Kedelapan, katanya, sebagai mitra masyarakat luas, mitra birokrasi yang selama ini begitu baik semakin dipertajam lagi dalam satu tujuan bersama yakni memulyakan tanah Cirebon, sejaherakan rakyat Cirebon, kembalikan nuansa Islami sebagaimana para kekasih Allah tempo dulu. Diakuinya, delapan pintu strategis politis Pemuda Pancasila ini, sebagai bahan petimbangan. “Sekali layar terkembang, surut kita berpantang,” pungkasnya. (ril/adv) 

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " Pemuda Pancasila Siap Jawab Tantangan Zaman"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus