Tiga Rumah Sakit di Kuningan Belum Terakreditasi

bupati kuningan acep kukuhkan tim akreditasi rumah sakit

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Pemerintah Kabupaten Kuningan menargetkan pada awal tahun 2019 rumah sakit di Kabupaten Kuningan sudah terakreditasi. Hal itu dikatakan Bupati Kuningan, H Acep Purnama, pada acara Pengukuhan Akreditasi Rumah Sakit Linggajati, Kamis (1/2).

Menurut  Acep, akreditasi bukan hanya sekadar kelulusan, melainkan lebih dari itu untuk memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, lingkungan rumah sakit dan SDM di rumah sakit yang bersangkutan.

Ia menerangkan, hingga kini masih ada tiga rumah sakit di Kabupaten Kuningan yang belum melaksanakan akreditasi yaitu RS Linggajati,  Wijaya Kusumah dan  Juanda.

“Mudah-mudahan bisa dilaksanakan secepatnya, sehingga target pada awal tahun 2019 semua rumah sakit di Kabupaten Kuningan sudah terakreditasi,” ujar Acep.

Acep menuturkann, real survey akreditasi merupakan salah satu tujuan indikator pencapaian visi daerah yang semua layanan kesehatannya telah terakreditasi.

“Ini menjadi penting bagi kami, kerena proses akreditasi akan membangun sistem dan mengintegrasikan budaya mutu kedalam pelayanan rumah sakit dan akan menghasilkan kinerja yang sesuai standar pelayanan dan standar profesi,” terangnya.

Meski demikian, kata dia, para pelaku pelayanan akan merasa lebih nyaman dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Masyarakatnya pun akan merasa puas, sebab pelayanan sudah memenuhi standar dan keinginanya.

“Kami pun berharap dengan adanya Pengukuhan Akreditasi dapat memberikan bimbingan arahan dan petunjuk, jika terdapat hal hal yang dirasa kurang. Sehingga ada respon cepat dari Pemerintah Daerah dalam rangka komitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kualitas pelayanan Rumah Sakit di sini,” tutupnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Raji mengungkapkan, di Kabupaten Kuningan terdapat 8 rumah sakit, dua diantaranya adalah rumah sakit daerah. Hingga tahun 2017 ada 5 rumah sakit yang telah melaksanakan akreditasi.

Kelima rumah sakit itu yakni RS 45 Kuningan dengan hasil paripurna, RSU Sekar Kamulyan dengan hasil paripurna, RS Kuningan Medical Center dengan hasil paripurna, RS El Syifa dengan hasil perdana dan KMC Luragung hasil perdana.

“Saya sangat gembira dan mengapresiasi RSUD Linggajati yang akan memulai akreditasi yang prosesnya dimulai pada tahun 2016. Dengan dikukuhkannya Tim Akrediatsi, saya yakin prosesnya akan lebih terarah pada tahapan selanjutnya sampai ke proses simulasi yang bermuara pada tahap survey akreditasi,” paparnya. (ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Tiga Rumah Sakit di Kuningan Belum Terakreditasi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...