Proses PAW PDIP Diduga Bermasalah, Pengadilan Segera Panggil KPU

kpu indramayu heran soal gugatan proses paw pdip ke pn

RAKYATCIREBON.CO.ID  – Proses PAW anggota Fraksi PDI Perjuangan (FPDIP) DPRD Indramayu yang meninggal dunia, Junaedi menjalar ke KPUD Indramayu.

Selain Ketua DPC PDIP yang digugat, lembaga penyelenggara pemilihan itu juga akan dimintai keterangan oleh Pengadilan Negeri (PN) Indramayu.

Hasil penelusuran Rakcer, PN Indramayu menerima surat gugatan dari Wahyudi pada 16 Januari 2018, dengan nomor 3/Pdt. G/2018 PN idm. Sidang untuk Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu Ruslandi, dijadwalkan pada 12 Februari.

Komisioner KPUD Indramayu Jerry Nurcahya mengungkapkan, proses PAW anggota DPRD Indramayu dari PDIP sudah berjalan, adanya surat masuk dari DPRD Indramayu mengenai pergantian anggota wakil rakyat, menjadi dasar acuan dilaksanakanya proses tersebut.

Dijelaskan, surat yang dilayangkan oleh lembaga negara tersebut dilampiri dengan keputusan dan rekomendasi dari DPP DPP PDIP, disertai dengan tanda tangan ketuanya.

“Saya baca sendiri suratnya, ada tanda tangan Ibu Megawati Soekarno Puteri. Keputusan partai salah satu landasan PAW tersebut, dan itu sah sesuai aturan,” terangnya, disela-sela aktifitasnya.

Akan tetapi proses PAW tidak bisa dilanjutkan sebagaimana mestinya, sambung Jerry, sebab Wahyudi menggugat KPUD Indramayu. 

Oleh karena itu, pergantian anggota tersebut akan kembali berjalan setelah adanya putusan dari PN Indramayu. “Kami akan memenuhi panggilan PN Indramayu pada 9 Februari,” tegasnya.

Langkah gugatan yang dilayangkan Wahyudi dipertanyakan olehnya, mengingat diajukan ke PN Indramayu bukanya Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN). Meskipun begitu, pihaknya tetap menghormati dan akan memenuhi panggilan PN Indramayu.

Sebelumnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu, Ruslandi mengakui tidak gentar dengan persoalan hukum yang akan dihadapi. Justru, dengan lapang dada siap menghadapi segala prosesnya dengan lantang dan tandang.

Politisi yang menjabat Wakil Ketua DPRD Indramayu itu mengaku sudah punya amunisi untuk menghadapi gugatan dari Wahyudi yang dialamatkan kepadanya. Sekaligus juga sebagai dasar pijakan kuat dalam PAW Anggota DPRD Indramayu. (yan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Proses PAW PDIP Diduga Bermasalah, Pengadilan Segera Panggil KPU"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...