Lazis NU Majalengka Ingin Tiru Sragen yang Himpun Rp5 Miliar Sebulan

lazis nu majalengka akan sebar kotak infak ke warga nahdliyin

RAKYATCIREBON.CO.ID - NU Majalengka segera merintis Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah (Lazis). Rencana tersebut terinspirasi dari kesuksesan Lazis NU Sragen Jawa Timur yang berhasil menghimpun Rp5 miliar dalam satu bulan.

Hal ini ditegaskan ‎Ketua Jamiyyah Ahli Thariqah Mu'tabaroh An-Nahdliyah Majalengka (Jatman), KH Abdul Rosyid SPdI. Ia mengatakan, warga NU harus bisa menyumbangkan dananya untuk negara maupun keberlangsungan lembaga organisasinya. Namun, kebesaran lembaga ditentukan oleh kekompakan warga nahdliyin itu sendiri.

Menurutnya, apa yang pihaknya berikan untuk kebesaran NU harus lebih bermanfaat. Kebesaran lembaga setidaknya harus punya gerakan. Loyalitas kepada orang tidak akan selamanya. Namun, loyalitas kepada lembaga akan mendatangkan manfaat yang lebih besar.

“Maka, kami saat ini sedang merintis itu (Lazis NU, red) sebulan yang lalu pembentukannya," ungkap Rosyid saat memberikan sambutan dalam acara, Harlah NU di ponpes Manbaul Huda Cisambeng Kecamatan Palasah-Majalengka, Rabu (31/1).

Oleh karena itu, kata dia, yang harus dilakukan oleh warga nahdliyin mampu mensukseskanya dengan cara menyisihkan uang sisa belanja ke kotak infaq yang dibuat oleh Lazis NU. Sehingga nanti untuk berbagai kegiatan maupun pembangunan sekolah ataupun rumah sakit tidak perlu membuat proposal.

"Lazis NU akan menyebarkan kotak infak ke warganya. Sebagai contoh, di Sragen Jawa Timur, kotak yang disebarkan ke warga nahdliyin terkumpul Rp5 miliar dalam waktu satu bulan,” ungkapnya.

Hal tersebut, kata Rosyid, juga akan diberlakukan di Majalengka. Sehingga, ketika ada kegiatan tidak perlu memakai proposal. Kami gunakan saja sisa belanja," ungkapnya.

Terpisah, pengasuh Ponpes Manbaul Huda kiai Muhamad Umar mengemukakan, peringatan Harlah NU yang ke-92 ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Menurutnya, kegiatan yang digelar meliputi tabligh akbar oleh KH Abdul Rosyid Ketua Jatman Majalengka, pelantikan Komisariat Ikatan Pelajar NU dan IPPNU Ponpes Manbahul Huda.

Kemudian, silaturrahmi keluarga besar NU Kecamatan Palasah dan Istighosah dan Tahlil Qubra untuk pendiri NU dan para pahlawan bangsa.

Alumni pondok pesantren Kebon Jambu Al Islamy Babakan Ciwaringin Cirebon ini menuturkan, kegiatan tersebut kata dia, juga dihadiri para alim ulama se-Kabupaten Majalengka. Serta ratusan santri dan santriwati dari berbagai daerah.

"Kegiatan ini sengaja kami gelar sebagai bagian dari upaya menjaga lestarinya aqidah ahlussunah waljama'ah annahdliyyah," ujarnya.

Umar yang juga menjabat Ketua MUI Kecamatan Palasah ini mengungkapkan, tujuan lainnya dilaksanakan Harlah NU, untuk mengajarkan kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda NU.

Agar menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman yang merongrongnya. "Siapa pun yang mencoba-coba datang menghancurkan NKRI berarti akan berhadapan dengan NU," tegasnya. (hrd/hsn)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Lazis NU Majalengka Ingin Tiru Sragen yang Himpun Rp5 Miliar Sebulan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...