Kuwu Kalibuntu Dituding Tidak Transparan, Warga Lapor ke Kecamatan

warga kalibuntu cirebon ontrog kantor kecamatan

RAKYATCIREBON.CO.ID - Puluhan warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Pabedilan,  Kabupaten Cirebon mendatangi kantor Kecamatan kemarin (6/2). Mereka menyampaikan aspirasi kepada pemerintah kecamatan, dugaan temuan penyelewengan yang menyeret kuwu di desanya.

Salah satunya disampaikan Dedi, warga Desa Kalibuntu kepada sejumlah awak media  bahwa, kehadirannya bersama warga lainnya untuk meminta keadilan kepada pemimpin di kecamatan.

Hal ini terkait  dugaan tidak transparannya anggaran  yang dilakukan oleh kuwu di desanya. “Kuwu kami ini kurang transparan dalam hal pendanaan,” paparnya.

Sementara Wakil Ketua BPD Desa Kalibuntu, Rosidin mengaku terdapat ketidakberesan managemen yang dilakukan oleh kuwunya. Pasalnya banyak dugaan penyalahgunaan anggaran dan jajaran aparat desa yang kini menduduki jabatan, dari segi pendidikannya kurang memadai.

“Kami kesal, karena kuwu kami itu, belum mengakui. Salah satunya ketika mendapatkan proyek, hanya melibatkan pendukungnya saja, selain itu aparat desanya juga SDMnya kurang, karena dari segi pendidikannya di bawah SMP, bagaimana mau ada kemajuan,” paparnya.

Selain itu, ia juga menegaskan telah melaporkan dugaan penyelewengan anggaran ke inspektorat. Tujuan dari tindakannya kata dia, sebagai upaya untuk perbaikan. Ia menyebutkan ada sekitar 18 hal yang telah dilaporkan, salah satu satunya terkait dugaan penyelewenangan anggaran yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Ada dana Karangtaruna yang setiap tahun dianggarkan, tetapi ternyata realisasinya tidak ada. Proses di inspektorat sudah berjalan. Baru Januari kemarin kita laporkan,” papar dia.

Sementara  Kuwu Desa Kalibuntu, Tarsono mengaku akan menampung aspirasi semua element masyarakat desa. Pihaknya akan terbuka dan  akan memberdayakan masyarakat, baik pendukungnya atau pun yang tidak karena , semua unsur di desanya sudah menjadi tanggungjawabnya pasca ditetapkan kembali menjadi kuwu.

Selain itu, ia menduga protes yang diarahkan kepadanya tidak lepas dari ketidakpuasan sebagian warga, atas terpilihnya kembali dirinya menjadi kuwu. Semua itu merupakan tindakan wajar, mengingat gesekan dalam pemilihan kuwu rentan terjadi.

Tetapi terang dia, ketika mendatangi kecamatan, semua warga yang datang diterima oleh camat. “Kita adakan audiensi, meskipun belum selesai, tetapi pada intinya, kedepan akan kita rangkul semuanya. Mudah-mudahan bisa secepatnya selesai,” pungkasnya. (zen)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kuwu Kalibuntu Dituding Tidak Transparan, Warga Lapor ke Kecamatan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...