Dana Desa Belum Cair, Perbaikan Rumah Juju Pakai Dana Talangan

pemdes sutawinangun cirebon perbaiki rumah warga yang roboh

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Unsur Muspika Kecamatan Kedawung langsung bergerak cepat perbaiki rumah Juju (94) yang roboh pada Minggu (4/2) lalu karena diguyur hujan lebat.

Kuwu Desa Sutawinangun Kecamatan Kedawung, Dedi Suparto mengatakan, pemerintah desa merasa prihatin dengan nasib yang dialami warganya. Oleh karena itu pemdes berkoordinasi dengan unsur Muspika bergerak cepat memperbaiki rumah Juju yang ambruk.

“Hari ini (kemarin,red) kami langsung coba lakukan perbaikan. Perbaikan ini kami anggarkan dari dana desa tahun 2018. Tapi karena belum cair, maka kami pakai talangan dari pihak ketiga,” tutur Dedi pada Rakcer, Jumat (9/2).

Dikatakan Dedi, untuk perbaikan dan pembangunan baru rumah milik nenek Juju dianggarkan sebesar Rp13 juta. Namun manakala masih terdapat kekurangan akan diusulkan kembali dengan cara di tambal sulam dari bansos. "Kalau anggaran kurang kami usulkan ke dinas terkait,” jelasnya.

Sementara itu Camat Kedawung, Hermawan mengungkapkan, di awal tahun ini ada empat rumah di Kecamatan Kedawung rusak akibat kondisi alam.

"Kecamatan Kedawung ada 4 titik, 2 diantanya Desa Kedawung blok Cantilan dan 1 rumah di perumahan Pulomas. Serta desa Sutawinangun blok Pecilon timur rt/rw 04/02 gang murni samping Musholla Baitul Solihin," papar Wawan sapaan akrabnya Hermawan.

Masih disampaikan, mayoritas yang tertimpa musibah di wilayahnya ini adalah menimpa jompo dan yatim piatu.

"Di blok Cantilan milik Pak Raso (86), dalam satu rumah terdapat 3 KK dan 9 jiwa, kemudian Nadila binti Khodijah (25) yatim piatu dalam satu rumah ada 3 orang, dan Perumahan Pulomas ibu Tini (65) 4 keluarga serta Nenek Juju (94) terdapat 2 keluarga," jelasnya.

Ketiga keluarga yang tertimpa musibah sudah terlebih dahulu mendapatkan penanganan. Begitupun dengan keluarga ibu Juju yang dalam waktu dekat akan diperbaiki.

"Kami sudah usulkan dari tingkat desa ke Dinas Sosial dalam bentuk rutilahu. Kalau untuk bantuan beras sudah dilakukan dan saya dibantu dengan TNI Polri memberikan bantuan dalam bentuk material maupun tenaga dibantu masyatakat ditempat," imbuhnya. (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Dana Desa Belum Cair, Perbaikan Rumah Juju Pakai Dana Talangan "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...