Yuk, Amati Gerhana Bulan dengan Teleskop Paralon Buatan Sunardi

pemuda talun cirebon sukses buat teleskop dari paralon

RAKYATCIREBON.CO.ID – Tangan kreatif pemuda bernama Sunardi, mampu mengubah barang bekas  menjadi teleskop canggih. Bahkan, melalui teleskop tersebut Sunardi bisa mengamati 
indahnya benda-benda langit. Seperti bulan dan planet yang ada di galaksi Bimasakti.

Dimana teleskop buatan pemuda asal desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, yang diberi nama “Teleskop Handmade” tersebut sudah pernah merekam indahnya berbagai macam planet.

Seperti, Saturnurnus, Uranus, Jupiter, matahari bahkan dimomentum yang tepat teleskop tersebut juga pernah meneropong galaksi Nebola, maupun gugus bola.

Saat ditemui Rakyat Cirebon, Senin (29/1) di rumahnya, Sunardi (32) mengaku, awal mulanya dirinya menggeluti soal astronomi dari sejak sekolah SD yang tertarik ketika melihat bulan di malam hari dan beberapa planet yang bisa dilihat dari bumi pada momentum tertentu.

“Sudah sejak SD saya suka dengan dunia astronomi, saya belajar membuat teleskop ini juga karena senang dan belajar secara otodidak. Akhirnya saya bisa membuat teleskop dengan tangan saya sendiri yang hasilnya juga menurut saya sangat memuaskan, tidak kalah dengan teleskop ternama  yang dijual dengan harga mahal,” jelas  Sunardi.

Hobinya di dunia astronomi juga disalurkan dengan teman-teman komunitas “Cirebon Astronomi” yang dibentuknya sejak tahun 2016 silam. Bahkan meskipun baru beberapa bulan dibentuk sudah memiliki sedikitnya 60 anggota yang kebanyakan pemuda. Dari komunitas tersebut pula Sunardi mengajarkan bagaimana mengenal dunia astronomi.

“Komunitas yang saya bentuk itu memang berdiri agar apa yang saya pelajari tentang astronomi bisa disalurkan kepada masyarakat luas, termasuk memanfaatkan benda di sekeliling kita untuk membuat teleskop. Seperti palaron, lensa bekas foto kopi yang berdiameter 7 cm, sambungan palaron dan beberapa alat bekas lainya yang ada di sekeliling kita,” katanya.

Pada tanggal 31 Januari 2018 yang prediksinya akan terjadi gerhana bulan total, Sunardi bersama dengan komunitasnya juga akan memamerkan teleskop buatnya itu untuk bisa dijadikan fasilitas melihat bulan secara dekat untuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Pada gerhana bulan nanti, kami bersama komunitas astronomi Cirebon akan membuat stan untuk bisa melihat gerhana dari dekat. Rencananya di Alun-alun Cirebon, dan itu gratis untuk masyarakat yang mau melihat,” tandasnya.  (dym)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Yuk, Amati Gerhana Bulan dengan Teleskop Paralon Buatan Sunardi"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...