Wabup: Pemdes Jangan Beri Izin Pembangunan Pabrik

wabup majalengka resmikan jembatan di desa padaherang

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Wakil Bupati (Wabup) Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd memuji kesigapan Kepala Desa (Kades) Padaherang, Iying SE yang mampu menerapkan konsep dan program pemerintah Kabupaten Majalengka, melalui penerapan desa membangun.

Salah satunya, kata dia atas keberhasilanya menggandeng perusahaan swasta dalam membangun jembatan pengubung senilai Rp360 juta.

Jembatan yang memiliki panjang 12 meter dan lebar empat meter itu menghubungkan desa Padaherang kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka dengan desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan.

Dikatakanya, konsep pemerintah Kabupaten Majalengka sendiri dalam mendorong pembangunan di pedesaan melalui dua pendekatan. Pertama, konsep membangun desa. Dimana pemerintah daerah akan mengucurkan dana ke desa desa untuk meningkatkan pembangunan.

Sementara konsep kedua, kata dia, konsep desa membangun. Konsep desa membangun ini, polanya desa mandiri melakukan pembangunan. Caranya, menggandeng masyarakat maupun CSR perusahaan dan lainya. Keberhasilan yang dilakukan Pemdes Padaherang perlu di-apresiasi dan bisa menjadi conotoh bagi desa lainya.

"Pola pola seperti ini (desa membangun, red) sebenarnya yang diharapkan pemerintah daerah. Dimana desa bisa mandiri dan mampu membangun tanpa harus mengandalkan bantuan pemerintah Daerah," ujar pria yang kini sebut pria yang kini maju sebagai bakal calon bupati Majalengka 2018.


Selain itu, ia berpesan agar masyarakat Sindangwangi menjaga alam dan lingkunganya. Agar tetap hijau dengan tidak memberikan izin adanya pembangunan pabrik dan lainya.

Mengingat wilayah Sindangwangi masuk dalam katagori daerah resapan air dan kawasan wisata, yang harus dipertahankan.

"Sindangwangi sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata dan masuk dalam zona resapan air bersama wilayah selatan lainya. Sehingga di kawasan ini dilarang dibangun pabrik atau perusahaan yang bisa merusak alam dan kandungan air," tegas Karna.

Sementara itu, Kades Padaherang Iying SE sangat berterimakasih kepada perusahaan swasta yang telah memberikan hibah pembangunan jembatan penghubung dari Padaherang ke Padabeunghar.

Dengan adanya jembatan itu dipastikan akan meningkatkan akses ekonomi dan pertanian serta akses sosial lainya. Baik bagi warga Majalengka maupun warga Kuningan.

"Dengan sendirinya keberadaan jembatan penghubung ini sangat membantu bagi warga kami dan warga desa Padabenghar. Terutama dalam meningkatkan sektor ekonomi, pertanian dan sosial lainya," pungkasnya.(pai)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Wabup: Pemdes Jangan Beri Izin Pembangunan Pabrik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...