Ratusan Petugas Disiagakan di Malam Tahun Baru

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Pada perayaan malam pergantian tahun baru 2018, Satlantas Polres Kuningan akan melakukan rekayasa jalan serta akan memberlakukan Car Free Night.
polres kuningan berlaukan car free night di malam tahun baru
Car Free Night di Kuningan. Foto: Ist./Rakyat Cirebon
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di pusat kota Kuningan yang diprediksi akan padati oleh ribuan masyarakat Kuningan yang ingin menyaksikan detik-detik pergantian tahun.

“Antisipasi tumpleknya masyarakat, mulai lampu merah Cijoho sepanjang jalan Siliwangi hingga taman kota, akan ditutup mulai pukul 19.30 hingga pukul 00.00 Wib,” kata Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Purwadi, kemarin.

Menurut Purwadi, pihaknya sudah menyiapkan 200 personil polisi yang akan ditugaskan untuk pengamanan arus lalulintas.

Selain itu, pengamanan juga akan dibantu dari aparat dinas perhubungan, anggota Satpol PP dan Kodim 0615 Kuningan.

“Personil kita sebar di 35 titik, sedangkan untuk jalur lalu lintas, anggota akan ditempatkan mulai dari pintu masuk Kuningan yakni jalan baru Sampora hingga taman kota,” terangnya.

Diungkapkan Purwadi, di wilayah Kuningan sendiri, ada beberapa titik keramaian yang akan dipadati oleh pengunjung, mulai dari obyek wisata Linggarjati, Sangkanhurip, lapangan Pandapa Paramarta hingga taman kota, untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya akan melakukan rekayasa jalur serta buka tutup jalur.

“Untuk menghindari kemacetan, pengendara bisa mengambil jalan alternatif yang akan diarahkan oleh aparat di setiap titik ruas jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman melalui Wakapolres Kompol Nanang Suhendar mengatakan, untuk memastikan perayaan malam pergantian tahun baru 2018 berlangsung kondusif, Polres Kuningan menyiagakan ratusan personel gabungan.

Ratusan personel itu merupakan gabungan dari personel polres, anggota Kodim 0615 Kuningan, Satpol PP, Dishub, Damkar, Dinkes. Bahkan, Polres Kuningan menyiagakan personilnya dibeberapa titik yang akan digunakan untuk perayaan pada malam tahun baru.

”Ada beberapa titik yang akan dipadati oleh masyarakat, diantaranya Taman Cirendang, Taman kota, pandapa paramartha, dua jalur pendakian ciremai palutungan dan linggajati dan obyek wisata linggarjati,” ujarnya.

Menurut Nanang, ratusan personel itu sudah disiagakan sejak pihaknya menggelar Operasi Lilin dengan sandi Lodaya pada 24 Desember lalu. Langkah itu dilakukan agar perayaan Natal dan malam pergantian tahun baru di Kota Kuda berlangsung kondusif.

”Sejak Operasi Lilin digelar, sudah ada 400 personel siaga. Jelang pergantian tahun baru, nanti kami perketat pengamanan di pusat-pusat keramaian,” imbuhnya.

Dijelaskan, pihaknya juga menyiagakan pospam di tiga titik strategis pada malam pergantian tahun baru nanti.

Ada beberapa kawasan yang akan banyak dikunjungi masyarakat, diantaranya adalah lapangan Pandapa paramartha, Sangkanpark, karena disana ada hiburan dengan menghadirkan grup band. Oleh karena itu keamanan di lokasi tersebut akan ditambah.

”Penambahan personel keamanan di pospam akan dilakukan jelang malam pergantian tahun baru. Sebelumnya juga kami akan melakukan operasi miras oplosan untuk mengantisipasi disalah gunakan pada malam pergantian tahun baru,” paparnya.

Kabag Ops mengajak seluruh masyarakat Kuningan untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Kota Kuda, saat, dan pasca malam pergantian tahun baru. Masyarakat pengguna jalan dihimbau untuk mentaati rambu lalu lintas dan tidak parkir di sembarang tempat.

”Kami minta masyarakat untuk tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut pada malam pergantian tahun baru. Kami bersama aparat Kodim akan menjaga kondusifitas Kuningan pada malam pergantian tahun baru,” tegasnya.(ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Ratusan Petugas Disiagakan di Malam Tahun Baru"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...