PAN Ragukan Rekom Oki-Fifi

RAKYATCIREBON.CO.ID – Badai konflik mulai menerjang DPD PAN Kota Cirebon. Terbitnya rekomendasi calon walikota dan wakil walikota dari DPP PAN untuk H Bamunas S Boediman MBA alias Oki dan Hj Fifi Sofiah Effendy, justru membuat DPD PAN meragukannya.
jelang pilwalkot cirebon pan kesandung konflik internal
Dani Mardani menyalami Hj Fifi Sofiah Effendi. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Disebut-sebut, rekomendasi itu belum final. “Saya kira itu belum final. Makanya kita menunggu surat keputusan yang bersifat final dari DPP PAN,” ungkap Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH, ditemui di kantor partainya, Selasa (26/12).

Keraguan bahwa rekomendasi Oki-Fifi adalah final, karena surat tersebut tidak ditandatangani oleh ketua umum dan sekretaris jenderal DPP PAN. Melainkan diteken oleh Tim Pilkada Pusat DPP PAN, Yandru Susanto.

“Setahu saya, keputusan final mengenai rekomendasi itu dalam bentuk keputusan tentang persetujuan pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ditandatangani ketua umum dan sekjen DPP PAN,” jelas Dani.

Terlebih lagi, pihaknya sampai kemarin sore belum juga menerima tembusan surat tersebut. Dani sendiri langsung mengecek ke kantor DPD PAN, berdasarkan laporan dari bagian sekretariatan, surat rekomendasi Oki-Fifi belum diterima.

“Justru kami heran, kenapa beredar di media sosial? Sedangkan kami sendiri belum menerima. Makanya kami masih menunggu keputusan final dari DPP terkait dengan sura keputusan DPP PAN tentang persetujuan bakal calon walikota dan wakil walikota,” terangnya.

Tapi Dani juga berupaya mengonfirmasi ke beberapa orang di DPW PAN Jabar mengenai surat tersebut. Didapati informasi oleh Dani, surat itu memang ada. Hanya saja belum menjadi kebijakan partai secara final. “Kami menunggu perintah selanjutnya dari DPP,” kata dia.

Di sisi lain, Dani menegaskan, bahwa Fifi sudah mengundurkan diri dari proses pencalonan di DPD PAN. Tak hanya itu, Fifi juga menyatakan mundur dari keanggotaan PAN. “KTA beliau (Fifi, red) sudah dikembalikan ke DPD, kemudian dari DPD sudah disampaikan ke DPW PAN Jabar,” ujarnya.

Mengenai posisi PAN di Koalisi Umat, Dani memastikan, sampai saat ini masih setia berada di sana. Terlebih lagi, sesepuh PAN, Amien Rais menganjurkan agar PAN berkoalisi dengan PKS dan Partai Gerindra.

“Sesuai amanat dari DPW PAN Jawa Barat dan anjuran Pak Amien Rais pada saat di gedung Islamic Centre Kota Cirebon, bahwa PAN harus tetap berada di Koalisi Umat bersama Partai Gerindra dan PKS,” katanya.

Sementara itu, Fifi sendiri saat dikonfirmasi, belum bersedia berkomentar mengenai rekomendasi untuk dirinya menjadi pendamping Oki. Pengusaha wanita asal Cirebon itu diketahui tengah berada di luar negeri.

Sebelumnya, secara mengejutkan, DPP PAN merekomendasikan Bakal Calon Walikota dari PDIP, H Bamunas S Boediman MBA alias Oki berdampingan dengan Hj Fifi Sofiah Effendi.

Surat rekomendasi bernomor 148/Pilkada/XII/2017 itu diterbitkan DPP PAN pada 21 Desember 2017 dan ditandatangani Tim Pilkada Pusat DPP PAN, Yandru Susanto.


Terbitnya rekomendasi itu bukan malah membuat internal DPD PAN Kota Cirebon bergembira. Sebaliknya, mereka heran dengan pertimbangan DPP PAN merekomendasikan Oki-Fifi. Pertama, Fifi sudah menyatakan mundur sebagai kader sekaligus pencalonannya di PAN. Kedua, Oki bukan kader dan tidak mendaftarkan diri di PAN.

“Ini aneh. Sudah mundur kok direkom? Bu Fifi kan sudah mengundurkan diri, bahkan mengembalikan KTA dan segala macam. Tapi malah direkom,” ungkap Sekretaris DPD PAN Kota Cirebon, H Sumardi.

Untuk diketahui, PAN tidak bisa mengusung calon walikota dan wakil walikota sepaket. Partai berlambang matahari itu hanya punya 3 kursi di DPRD Kota Cirebon.

Sedangkan untuk mengusung sepasang calon, syaratnya minimal 7 kursi di parlemen. PDIP sendiri, sebagai partai yang menaungi Oki, belum menerbitkan rekomendasi serupa. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to " PAN Ragukan Rekom Oki-Fifi "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...