KPU Coret Calon Tidak Sehat

RAKYATCIREBON.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Cirebon memastikan semua calon bupati dan wakil bupati merupakan kandidat sehat, yang telah melewati pemeriksaan kesehatan dengan baik.
kpu pastikan kesehatan cabup cirebon
KPU Kabupaten Cirebon MoU dengan IDI. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon
Hal itu dikatakan Ketua KPU, Saefudin Jazuli kepada sejumlah wartawan usai penandatanganan MoU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia dan Badan Narkotika Nasional (BNN), Rabu (27/12) di Sekretariat KPU Sumber.

Diakui Saefudin, selama ini banyak anggapan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh bakal pasangan calon hanyalah formalitas semata.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan pemeriksaan bakal pasangan cabup dan cawabup Cirebon tahun 2018 nanti akan dilakukan dengan sebaik mungkin.

“Saya sangat yakin tim ini akan bekerja independent dan memberikan laporan sesuai hasil pemeriksaan tanpa adanya rekayasa,” tegas Asep, sapaan akrabnya.

Dijelaskan Asep, KPU tidak akan segan menyatakan bapaslon tidak laik apabila hasil pemeriksaan kesehatannya tidak memadai.

Dengan kata lain, dirinya mengungkapkan tidak akan meloloskan bapaslon apabla tidak sesuai dengan hasil pemeriksaan kesehatan.

“Kalau memang tidak baik maka kita akan umumkan tidak baik. Kita tidak ingin main-main karena memang KPU juga memiliki standar penilaian yang sudah tercantum dalam aturan,” tambahnya.

Disinggung mengenai waktu pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, Asep mengatakan KPU akan menyediakan waktu antara tanggal 8 Januari hingga 15 Januari. “Silakan saja nanti calon mau hari apa bebas saja.

Kita sediakan tanggal segitu karena masa pendaftaran bapaslon juga kita buka dari tanggal 8 hingga 10 Januari. Bisa saat masa pendaftaran biasa juga setelah mendaftar baru diperiksa,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua IDI Kabupaten Cirebon, dr M Luthfi SPPd menyebutkan pihaknya akan menerjunkan beberapa dokter spesialis yang akan memeriksa para bakal pasangan calon. Dengan demikian, Luthfi menjamin semua detail kesehatan akan diperiksa oleh pihaknya.

“Kita kan pemeriksaannya secara spesifik. Artinya, dokter yang kita turunkan juga ada berbagai spesialis. Mulai dari jantung, penyakit dalam dan spesialis lainnya akan kita libatkan agar para calon diperiksa secara menyeluruh,” tegasnya.

Ditambahkan Luthfi, untuk tempat pemeriksaan yang ditunjuk, nampaknya akan menggunakan RSUD Waled. Hanya saja, dirinya menyebutkan semua persiapan masih dilakukan.

“Kita perlu berbagai macam alat dan kita juga tentunya akan melihat kesiapan tempat seperti apa. Kalau sekarang saya belum bias banyak menjeleskan karena memang masih dalam tahapan persiapan,” ungkapnya.

Sementara itu, BNN nampaknya akan memeriksa ada atau tidaknya kandungan narkoba dalam tubuh pasangan calon dengan metode sederhana.

“Kita biasanya menggunakan urine. Memang ada beberapa metode seperti dari darah maupun rrambut. Tetapi, kita optimis dari urin sudah cukup untuk melihat ada atau tidaknya penggunaan narkoba di tubuh calon,” singkat Kasubbag BNN Kota Cirebon, Momod Suhendar SIP yang hadir.(yog)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Coret Calon Tidak Sehat"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...