Golkar Belum Mau Terima Edo, Sampaikan Penolakan ke Jabar

RAKYATCIREBON.CO.ID – Beberapa elit DPD Partai Golkar Kota Cirebon belum mau menerima Bakal Calon Walikota dari partainya sendiri, Effendi Edo SAP MSi. Beringin kota tak menghendaki adik ipar mantan Walikota, Drs Ano Sutrisno MM (alm) direkomendasi untuk diusung di Pilwalkot Cirebon 2018.
elit dpd golkar kota cirebon tolak effendi edo
Surat DPD Golkar Kota Cirebon. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Hal itu terbukti dari surat yang dilayangkan DPD Partai Golkar Kota Cirebon tertanggal 20 Desember 2017 dengan Nomor 059/GOLKAR/XII/2017 perihal penjelasan, kepada Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat.

Ada setidaknya empat item yang disampaikan DPD Partai Golkar Kota Cirebon ke DPD Partai Golkar Jabar dalam surat yang ditandatangani Ketua DPD Partai Golkar, Ir Toto Sunanto dan Sekretaris DPD Partai Golkar, Kurnia Rustandi.

Pertama, bahwa rapat pleno diperluas DPD Partai Golkar Kota Cirebon pada 11 November 2017, tentang Pilkada di Kota Cirebon telah menghasilkan keputusan Bakal Calon Walikota adalah Brigjen (Pol) Drs Siswandi dan Bakal Calon Wakil Walikota adalah Ir Toto Sunanto, ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon.

Kedua, bahwa rapat pleno juga menolak Effendi Edo untuk dicalonkan sebagai bakal calon walikota dari DPD Partai Golkar Kota Cirebon, dengan alasan yang bersangkutan sejak pelaksanaan penjaringan sampai sekarang tidak pernah melakukan komunikasi/silaturahmi dengan struktur Partai Golkar Kota Cirebon.

Malah menyatakan yang bersangkutan tidak membutuhkan struktur partai, melainkan yang dibutuhkan hanya rekomendasi dari DPP Partai Golkar.

Ketiga, bahwa DPD Partai Golkar Kota Cirebon sedang melakukan komunikasi politik dengan Koalisi Umat yang terdiri dari Partai Gerindra, PAN dan PKS untuk dilakukan koalisi dalam Pilkada di Kota Cirebon.

Keempat, belum terjadi kesepakatan, sehingga ada alternatif lain, yaitu kesepakatan koalisi Partai Golkar, PAN, PKPI dan PBB dengan jumlah 8 kursi. 

Sehingga memenuhi syarat minimal dalam pencalonan untuk mengusung Brigjen (Pol) Drs Siswandi sebagai bakal calon walikota dan Ir Toto Sunanto ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon sebagai bakal calon wakil walikota.

“Itu semua berdasarkan hasil rapat pleno. Kita sampaikan ke DPD Partai Golkar Jawa Barat,” ungkap Toto Sunanto, Senin (26/12).

Selain itu, ia juga mengaku, DPD Partai Golkar Jabar hari ini menggelar agenda konsolidasi dan pembagian rekomendasi calon kepala daerah/wakil kepala daerah. Hanya saja, untuk Kota Cirebon belum dipastikan akan dibagikan hari ini atau di lain waktu.

“Saya berangkat, sekretaris, bappilu dan lainnya. Tapi untuk Kota Cirebon belum tahu, dibagikan besok (hari ini, red) atau seperti apa. Yang pasti, rekomendasi itu sudah berpasangan dan koalisi partai,” katanya.

Senada dengan Toto Sunanto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Lili Eliyah SH MM juga mengatakan bahwa penolakan tersebut adalah hasil pleno.  “Saya tidak tahu. Itu hasil pleno,” kata wakil ketua DPRD Kota Cirebon itu. (jri)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Golkar Belum Mau Terima Edo, Sampaikan Penolakan ke Jabar"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...