Saber Pungli Bidik Penyeleweng Dana Desa

INDRAMAYU - Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Indramayu yang dikenal dengan sebutan Tim Saber Pungli masih pelototi realisasi Dana Desa (DD). Bahkan dengan tegas, penyeleweng DD harus bertanggung jawab dan menerima resiko atas tindakannya.
tim saber pungli awasi dana desa di indramayu
Tim Saber Pungli awasi dana desa di Indramayu. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Pernyataan itu disampaikan Ketua Pelaksana UPP Kabupaten Indramayu, Kompol Ricardo Condrat Yusuf saat sosialisasi yang diikuti oleh camat, kuwu, dan sekertaris desa se-Kabupaten Indramayu belum lama ini. 

Dikatakan, tindakan tegas yang nanti bakal dilakukan oleh pihaknya itu dalam rangka menekan terjadinya penyimpangan masalah keuangan bantuan DD. Sehingga realisasi anggarannya digunakan sesuai aturan dan peruntukannya.

"Bukan itu saja, masalah keuangan anggaran desa juga harus dapat dipertanggungjawabkan oleh penerimanya. Tindakan tegas pasti akan kita ambil apabila terbukti melakukan penyelewengan dan jelas datanya maupun bukti-buktinya. Refreshif ini upaya terakhir kalau ada penyimpangan," tegasnya yang juga menjabat Waka Polres Indramayu ini.

Dalam hal ini pihaknya telah berkomitmen untuk melakukan pengawasan penggunaan DD, baik ketepatan sasarannya maupun ketepatan penggunaannya. Meski demikian dalam pelaksanaannya diperlukan adanya pendampingan dan pengawasan secara intens. "Memang dibutuhkan juga upaya preventif," sebut dia.

Menurutnya, hal tersebut sesuai nota kesepahaman (MoU) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Kapolri. Yakni tentang pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan‎ dana desa.

Sementara itu, Sekertaris II UPP Kabupaten Indramayu, Aan Hendrayana M mengatakan, langkah yang diambil oleh pihaknya demi untuk terwujudnya pengelolaan DD yang efektif, efisien, dan akuntabel. Sehingga apa yang diatur sesuai peruntukannya dan bermanfaat untuk masyarakatnya. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Saber Pungli Bidik Penyeleweng Dana Desa"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...