Proses Kasus Tindak Pidana Pemilu Harus Efektif

KEDAWUNG - Panwaslu Kabupaten Cirebon gelar launching dan rakor sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu), yang diikuti oleh ketua dan anggota Panwascam se-Kabupaten Cirebon di Hotel Apita, selama dua hari (26-27/11).
panwaslu kabupaten cirebon launching gakumdu
Panwaslu Kabupaten Cirebon launching Gakumdu. Foto: Ari/Rakyat Cirebon
Ketua Panwaslu Kabupaten Cirebon, Nunu Sobari mengatakan kegiatan ini dilaksanakaa selama dua hari dan diikuti 120 peserta. “Semua anggota merupakan Panwascam se Kabupaten Cirebon,” paparnya, Senin (27/11).

Dalam Launching Sentra Gakkumdu, diperkenalkan susunan keanggotaan tim Sentra Gakkumdu Panwaslu Kabupaten Cirebon yang berjumlah 15 orang, yakni  Ketua Panwaslu Kabupaten Cirebon Nunu Sobari SH MH, Kapolres Cirebon AKBP H Risto Samodra SSos SIK SH MH  dan Kajari Kabupaten Cirebon  SH MH sebagai panesahet.

"Nantinya sentra Gakkumdu ini yang akan mengolah laporan masyarakat yang mengandung tindak pidana pemilu. Di dalamnya ada kepolisian, kejaksaan dan Panwaslu,” terangnya. 

Lebih lanjut Nunu menjelaskan, kegiatan rakor ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja Sentra Gakkumdu, dengan tujuan, pertama mewujudkan sinergitas antara panwaslu, kepolisian dan kejaksaan dalam penanganan tindak pidana pemilu, khususnya pemilukada.

"Selain itu juga untuk mewujudkan penanganan tindak pidana pemilihan secara efektif dan efisien, konsisten, sesuai standard dan sistematis," jelasnya.

Dalam rakor ini bertindak sebagai narasumber dari Bawaslu Provinsi Jabar, H Yusuf Kurnia, unsur komisioner Panwaslu Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon. 

"Pokok bahasan rakor meliputi teknik penyidikan dan penyeliddkan, teknik tuntutan, dan prosedur dan proses penangganan pelanggaran serta teknik klarifikasi dan pembuataj kajian," sambungnya.

Nunu berharap, semua peserta dapat memahami materi- materi yang disampaikan dalam rakor tersebut. Sehingga nanti dalam penangganannya mereka sudah dapat melaksanaknnya dengan baik dan benar. (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Proses Kasus Tindak Pidana Pemilu Harus Efektif "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...